Di Momen Hardiknas 2024, Menteri Nadiem Sampaikan Pesan Penting untuk Insan Pendidikan

Oleh: Tarmizi Hamdi
Kamis, 02 Mei 2024 | 14:30 WIB
Mendikbudristek Nadiem Makarim bersama sejumlah siswa dan elemen pendidikan dalam peringatan Hardiknas 2024 di Kantor Kemendikbudristek. (Foto/Dokumentasi Kemendikbudristek)
Mendikbudristek Nadiem Makarim bersama sejumlah siswa dan elemen pendidikan dalam peringatan Hardiknas 2024 di Kantor Kemendikbudristek. (Foto/Dokumentasi Kemendikbudristek)

BeritaNasional.com - Dalam momentum Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengajak semua pihak terkait untuk meneruskan gerakan Merdeka Belajar secara berkelanjutan.

Hal tersebut diungkapkan Nadiem saat berpidato pada Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di halaman Kantor Kemendikbudristek, Senayan, Jakarta, Kamis (2/5).

‘’Lima tahun bukan waktu yang sebentar untuk menjalankan tugas memimpin Gerakan Merdeka Belajar. Namun, lima tahun juga bukan waktu yang lama untuk membuat perubahan yang menyeluruh,’’ ungkapnya yang dikutip dari laman Kemendikbudristek.

Menurut dia, dunia pendidikan sudah berada di jalur yang benar, tetapi tugas seluruh elemen pendidikan untuk terus mengawalnya masih belum selesai.

“Semua yang sudah kami upayakan harus dilanjutkan sebagai perjalanan ke arah perwujudan sekolah yang kita cita-citakan,” tuturnya dalam pidato saat menjadi pembina upacara,’’ ungkapnya.

Dia mengakui, bukan hal yang mudah untuk mentransformasi sebuah sistem yang sangat besar. Bukan pula sebuah tugas yang sederhana untuk mengubah perspektif tentang proses pembelajaran.

Nadiem melanjutkan, kini masyarakat mulai merasakan perubahan yang terjadi berkat gerakan Merdeka Belajar. 

Perubahan yang terjadi dalam ekosistem pendidikan dan kebudayaan berlangsung serempak dan serentak.

Mendikbudristek menyebut banyaknya cerita positif dari anak-anak Indonesia atas situasi pembelajaran di kelas. 

Nadiem juga mengapresiasi para guru, siswa, mahasiswa, seniman dan pelaku budaya yang telah menjadi bagian dari Kurikulum Merdeka Belajar ini.

“Dengan penuh ketulusan, saya ucapkan terima kasih banyak atas perjuangan yang Ibu dan Bapak lakukan. Saya titipkan Merdeka Belajar kepada Anda semua, para penggerak perubahan yang tidak mengenal kata menyerah untuk membawa Indonesia melompat ke masa depan,” tuturnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: