Polisi Ungkap Motif Suami Mutilasi Istri di Ciamis, Ternyata Masalah Ekonomi

Oleh: Mufit
Senin, 06 Mei 2024 | 10:50 WIB
Ilustrasi pembunuhan. (Foto: Freepik)
Ilustrasi pembunuhan. (Foto: Freepik)

BeritaNasional.com - Polisi menduga motif Tarsum (41) membunuh dan memutilasi istrinya bernama Yanti (40) adalah masalah impitan ekonomi keluarga.

Tarsum diketahui membunuh istrinya pada Jumat (3/5/2024) pagi sekitar pukul 07.30 WIB di Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

"Dari keterangan saksi, ada masalah ekonomi," ujar Kapolres Ciamis AKBP Akmal yang dihubungi pada Senin (6/5/2024).

Selain itu, lanjut Akmal, ada kabar bahwa keluarga Tarsum terlilit pinjaman online atau pinjol. Kendati begitu, pihak kepolisian masih mendalami perihal pinjoĺ tersebut. 

"Soal pinjol atau lainnya masih perlu pendalaman," ujar Akmal.

Dia mengatakan anak Tarsum dan Yanti juga telah ikut diperiksa. Anak keduanya ini diduga juga terlilit masalah pinjaman online.

"Anak dari pelaku sudah kami mintai keterangan," ungkapnya.

Sebelumnya, polisi telah menetapkan Tarsum sebagai tersangka pelaku pembunuhan istrinya di Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. 

Kapolres Ciamis AKBP Akmal membenarkan peristiwa pembunuhan tersebut. Akmal menyebut aksi sadis pelaku dilakukan di sebuah jalan kampung.

Tarsum kini sudah ditangkap Polres Ciamis. Dia sempat melawan ketika hendak dibawa petugas. 

Akmal menyebut ada kelainan pada kondisi kejiwaan pelaku. "Pada saat diamankan, pelaku syok juga kejiwaannya, reaktif atau labil," tutur AKBP Akmal.

Selain memutilasi istrinya, pelaku sempat menawarkan daging istrinya dengan cara ditenteng dalam baskom. Hal itu diungkapkan Ketua RT setempat Yoyo Tarya yang mengaku sempat ditawari daging dalam baskom oleh Tarsum.

"Awalnya, saya tidak tahu ada pembunuhan. Pelaku itu bawa baskom isi daging sambil berkata peser daging si Yanti, peser daging si Yanti (beli daging Yanti). Jadi, dagingnya dibawa keliling," ungkap Yoyo.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: