Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Tutup Gara-gara Sepi Orderan

Oleh: Tim Redaksi
Senin, 06 Mei 2024 | 16:08 WIB
Ilustrasi pabrik sepatu. (Foto/Freepik)
Ilustrasi pabrik sepatu. (Foto/Freepik)

BeritaNasional.com - Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Purwakarta Didi Garnadi mengatakan bahwa ada lebih dari 200 orang karyawan pabrik Sepatu Bata yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK). Hal tersebut imbas dari ditutupnya pabrik Sepatu Bata di daerah tersebut.

Dia berujar bahwa pihaknya telah menerima informasi dari manajemen mengenai kondisi PT Sepatu Bata yang gulung tikar akibat sepi order.  

Sebelum resmi ditutup, sekitar akhir Maret lalu, pihak perusahaan sepatu Bata melaporkan rencana penghentian produksi di pabrik yang berlokasi di Jalan Raya Cibening, Kecamatan Bungursari, Purwakarta. Di antara alasannya, karena selama empat tahun terakhir, pabrik sepatu Bata ini mengalami kerugian akibat sepi order.

"Pada awal Mei 2024, kami menerima laporan terjadinya PHK, karena perusahaannya tutup," kata Didi dikutip dari Antara, Senin (6/5/2024).

Didi menuturkan, karena sepi order tersebut PT Sepatu Bata mulai melakukan PHK kepada karyawannya secara bertahap. Ia menyatakan perusahaan menjamin akan menyelesaikan seluruh hak karyawan sebagaimana yang ada di undang-undang.

"Pihak perusahaan telah melaporkan akan menyelesaikan seluruh hak-hak karyawannya yang di PHK, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku," beber dia.

PT Sepatu Bata Tbk mendirikan pabrik di Purwakarta sejak 1994 dan resmi ditutup pada awal Mei 2024. Penghentian produksi pabrik sepatu yang berlokasi di Jalan Raya Cibening, Kecamatan Bungursari, Purwakarta itu telah diumumkan melalui keterbukaan Informasi di Bursa Efek Indonesia, 2 Mei 2024.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: