FKDM Sebut Kinerja Heru Budi sebagai Pj Gubernur Sudah Bagus, Poin Ini Jadi Indikatornya

Oleh: Tarmizi Hamdi
Senin, 06 Mei 2024 | 15:00 WIB
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. (Foto/Instagram Heru Budi)
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. (Foto/Instagram Heru Budi)

BeritaNasional.com - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mendapatkan apresiasi atas kinerjanya dalam mengatasi masalah pelik ibu kota.

Poin indikatornya, Heru Budi dinilai mampu menyelesaikan persoalan banjir, kemacetan, sosial, hingga kesehatan. 

Salah satu apresiasi datang dari Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) DKI Jakarta.

Ketua FKDM Jakarta Tobaristani mengatakan semua elemen di Jakarta harus memiliki kepedulian dan aksi bersama untuk menyukseskan berbagai program pembangunan. 

Terutama ikut andil mengatasi persoalan banjir dan kemacetan hingga persoalan sosial dan kesehatan.

"Tanpa kebersamaan dan peran serta masyarakat, semua kebijakan dan infrastruktur yang sudah dibuat bisa tidak bermanfaat," ujarnya, melalui keterangan tertulis, Minggu (5/5).

Heru Budi Hartono dinilai berhasil menuntaskan pembangunan sodetan Ciliwung. 

Kemudian, peninggian turap Kali Baru saat ini hampir tuntas untuk mengatasi banjir di kawasan Hek, Jalan Raya Bogor, Kramat Jati, Jakarta Timur.

Melalui upaya-upaya yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta mulai pembangunan saluran baru, polder, waduk, dan embung; normalisasi saluran, pengerukan; dan kesiapan sarana penanggulangan banjir seperti pompa-pompa, adanya genangan saat terjadi hujan bisa lebih cepat surut.

"Untuk mengatasi banjir, masyarakat juga memiliki peran untuk berperilaku tertib dengan tidak membuang sampah sembarang. Kita masih sering kali melihat sampah-sampah terhanyut di saluran mikro maupun makro," terangnya.

Toba mengatakan Pj Gubernur DKI juga sangat menaruh perhatian dalam upaya mengatasi genangan di kawasan pesisir utara Jakarta yang disebabkan rob.

"Pak Heru sudah menegaskan bahwa pembangunan National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) harus dilanjutkan dan dituntaskan. Sebab, saat ini permukaan tanah di pesisir utara Jakarta sudah lebih rendah dari tinggi muka air laut," bebernya.

Heru juga sangat memberikan perhatian dengan kebijakan pembangunan sarana transportasi massal yang aman, nyaman, dan terintegrasi.

"Saat ini sedang ada pembangunan LRT Fase 1B rute Velodrome-Manggarai dan MRT Fase 2A dari Bundaran HI hingga Kota," ungkap Toba.

Toba mengajak masyarakat yang mengkritik kemacetan di Jakarta untuk bisa bersama-sama berbuat dengan menggunakan transportasi umum yang sudah ada saat ini.

"Jangan sampai kita mengkritik dan mengeluhkan kemacetan tapi masih menggunakan kendaraan pribadi setiap hari," ucapnya.

Terkait sosial dan kesehatan, Toba menambahkan Heru Budi mampu mengoordinasikan dan mengoptimalkan sinergisitas organisasi perangkat daerah (OPD) dan pihak eksternal.

"Untuk mengatasi stunting, Pak Heru menunjukkan kinerja kolaborasi yang baik, termasuk dengan melibatkan unsur pemerintah pusat hingga swasta dalam penjualan pangan murah serta pemberian makanan tambahan bergizi," tuturnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: