Pemprov DKI Raih 3 Penghargaan Pembangunan Daerah dari Bappenas RI

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Selasa, 07 Mei 2024 | 12:22 WIB
Presiden Jokowi menyerahkan langsung Penghargaan Pembangunan Daerah ke PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi. (Foto: Humas Pemprov DKI)
Presiden Jokowi menyerahkan langsung Penghargaan Pembangunan Daerah ke PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi. (Foto: Humas Pemprov DKI)

BeritaNasional.com - Pemprov DKI Jakarta meraih tiga Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2024 kategori Provinsi Terbaik dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) pada Senin (6/5/2024) kemarin.

Penghargaan ini diberikan bagi daerah yang menyusun perencanaan berkualitas dan mencapai target pembangunan daerah dengan baik.

Adapun Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan piala penghargaan tersebut langsung kepada Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dalam acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat.

Sebagai informasi, Pemprov DKI Jakarta menerima penghargaan terkait rencana dalam meningkatkan investasi dan pertumbuhan ekonomi.

Heru mengatakan, penghargaan ini merupakan bentuk komitmen Pemprov DKI untuk dapat menyusun perencanaan dan melaksanakan pembangunan guna menyelesaikan berbagai permasalahan kota. 

“Hal ini sesuai dengan arahan Presiden Jokowi hari ini, yang menegaskan bahwa sinkronisasi menjadi kunci dalam mewujudkan rencana kerja pemerintah pusat yang juga didukung pemerintah daerah sehingga pembangunan yang dilakukan pemerintah pusat dan daerah dapat dilakukan secara berkelanjutan dan hasilnya benar-benar bisa dirasakan oleh rakyat," kata Heru dalam keterangan resminya, Selasa (7/5/2024).

Heru pun mengapresiasi seluruh jajaran yang telah bersinergi bersama dalam merancang strategi dan kebijakan terkait Jakarta menjadi kota berketahanan yang berdaya saing global dan mencapai sasaran pembangunan daerah serta mendukung pembangunan nasional.

Dalam penilaian PPD 2024 ini, Pemprov DKI Jakarta mengajukan program dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta yang berinovasi menghadirkan ’Gerai Memulai Usaha’.

Inovasi tersebut berguna untuk memberikan kepastian kepada masyarakat pelaku usaha dalam perizinan berusaha. Pelayanan meliputi pendampingan dan konsultasi yang diberikan kepada pelaku usaha, mulai dari pengajuan hingga izinnya terbit. 

Gerai Memulai Usaha terdapat di kantor DPMPTSP baik tingkat kelurahan, kecamatan, kota, maupun provinsi, termasuk sarana publik seperti stasiun MRT, pasar, dan mal yang ada di Jakarta.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: