Shin Tae-yong Beber Tantangan Timnas Indonesia U-23 sebelum Hadapi Guinea, Apa Saja?

Oleh: Tarmizi Hamdi
Selasa, 07 Mei 2024 | 20:15 WIB
Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong. (Foto/PSSI)
Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong. (Foto/PSSI)

BeritaNasional.com - Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-23 Shin Tae-yong (STY) membeberkan beberapa tantangan yang dialami skuadnya menjelang berhadapan dengan Guinea dalam babak playoff Olimpiade Paris 2024 pada Kamis (9/5/2024) pukul 20.00 WIB di Clairefontaine, Prancis.

Pelatih asal Korea Selatan tersebut menyatakan kondisi fisik penggawa Garuda Muda yang kelelahan setelah mengikuti ajang Piala Asia U-23 di Qatar belum lama ini.

‘’Jadi, semua menggunakan jaket yang tebal, suhu lumayan dingin. Yang paling penting sebenarnya kontrol kondisi pemain. Jadi secara psikologis mulai capek, mulai lelah. Yang penting kita bisa kontrol kondisi pemain agar tetap bugar,’’ tutur pelatih yang pernah menukangi Timnas Korsel di ajang Piala Dunia 2018.

Ditambah, pemain Merah Putih harus beradaptasi dengan cuaca di Paris, Prancis. Hal tersebut makin memengaruhi kebugaran Rizky Ridho dkk.

‘’Seperti diketahui saat putaran final Piala Asia U-23 di Doha, cuaca sangat panas sekitar 35 derajat celsius. Namun, di Paris saat ini relatif dingin (sekitar 12 derajat celcius) sehingga adaptasi pemain terhadap cuaca harus dilakukan jauh-jauh hari,’’ ungkap STY yang dikutip dari laman PSSI pada Selasa (7/5).

Shin Tae-yong juga mengeluhkan lapangan tempat berlatih, yakni Stade de Lagrange yang kurang representatif.

‘’Memang di bawah standar, ya. Artinya tidak seperti di Doha, tetapi katanya di sini yang rumputnya paling baik. Jadi mau tidak mau kita harus adaptasi dengan situasi dan kondisi di sini,’’ pungkasnya.

Shin Tae-yong juga menyinggung soal kedatangan Alfeandra Dewangga. Dia menyebut pemain yang merumput bersama PSIS Semarang itu sedang menunggu visa. 

Jika visa Dewangga sudah selesai, ia akan bergabung dengan pemain lainnya di Paris.

Kini, skuad Garuda Muda lebih berkonsentrasi menjaga kebugaran pemain jelang menghadapi Guinea di Paris (9/5) pada laga play-off untuk memperebutkan satu tiket tersisa ke Olimpiade Paris.

Diketahui, tim U-23 sudah tiba di Paris, Senin (6/5) setelah menempuh perjalanan beberapa jam dari Doha, Qatar.

‘’Karena letih jadi hanya latihan pemulihan fisik dan taktik sebentar. Memang kemarin kita perjalanan lumayan jauh,’’ jelasnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: