Harga Paket Internet Starlink di Indonesia, Lebih Murah dari 4 Negara Ini

Oleh: Imantoko Kurniadi
Sabtu, 11 Mei 2024 | 17:45 WIB
Starlink. (Foto/Starlink)
Starlink. (Foto/Starlink)

BeritaNasional.com - Di Indonesia, harga paket internet Starlink dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk biaya instalasi dan bulanan. 

Sebagai catatan, untuk mendapatkan antena Starlink di Tanah Air, ada biaya perangkat keras sebesar Rp7,8 juta, dan biaya internet berkecepatan tinggi sebesar Rp750 ribu per bulan untuk paket standar.

Lantas seperti apa perbandingan harga layanan dengan negara lain, dikutip dari laman Starlink, Sabtu (11/5/2024), simak ulasanya berikut ini.

1. Amerika Serikat

Di Amerika Serikat, biaya antena Starlink sekitar 599 dolar AS (Rp9,6 jutaan), dengan beragam aksesoris tambahan opsional dari Dudukan pivot hingga pipe adapter yang masing-masing memiliki harga masing-masing.

Biaya bulanan langganan internet Starlink di negara ini sekitar 120 dolar AS per bulan (Rp1,9 jutaan) untuk paket standar.

2. Kanada

Starlink

Di Kanada, biaya instalasi antena Starlink hampir sama dengan Amerika Serikat, sekitar 599 dolar Kanada (Rp7 jutaan), dengan aksesoris tambahan yang sama dengan di negeri Paman Sam.

Biaya bulanan langganan internet Starlink di Kanada juga sekitar 129 dolar Kanada per bulan (Rp1,5 jutaan)

3. Australia

Australia memiliki biaya instalasi antena Starlink 599 dolar Australia (6.3 jutaan), 

Namun, biaya bulanan langganan internet Starlink di Australia lebih rendah, sekitar 139 dolar Australia per bulan (Rp1,4 jutaan).

4. Malaysia

Di Malaysia, perangkat keras instalasi antena Starlink memiliki harga 2.300 ringgit Malaysia setara dengan sekitar Rp8 jutaan.

Biaya bulanan langganan internet Starlink di Negeri Jiran sebesar 700 ringgit Malaysia atau sekitar Rp2,4 jutaan

Berdasarkan perbandingan di atas, harga paket internet Starlink di Indonesia relatif lebih rendah jika dibandingkan dengan negara-negara lain seperti Malaysia, Amerika Serikat, Kanada, dan Australia. 

Faktor-faktor seperti infrastruktur lokal, biaya pengiriman, dan kebijakan harga dapat mempengaruhi perbedaan harga ini. Namun, Starlink terus mengembangkan jaringannya dan dapat memberikan alternatif internet yang lebih cepat dan andal bagi banyak orang di seluruh dunia.

Dengan pemahaman ini, diharapkan Anda dapat membuat keputusan yang tepat dalam memilih paket internet Starlink yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: