Bayer Leverkusen Menuju Catatkan Rekor 53 Pertandingan Tidak Terkalahkan pada 2023-2024

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Selasa, 14 Mei 2024 | 10:33 WIB
Bayer Leverkusen. (Foto/Bayer Leverkusen).
Bayer Leverkusen. (Foto/Bayer Leverkusen).

BeritaNasional.com - Bayer Leverkusen memperpanjang rekor tidak terkalahkan di musim ini sebanyak 50 pertandingan. Hal itu, setelah Bayer Leverkusen mengalahkan Bochum 5-0 di pekan ke-33 Bundesliga 2023/2024 di Vonovia Ruhrstadion, Senin (13/5/2024) dini hari WIB.

Tim asuhan Xabi Alonso tersebut berpotensi juga menjadi tim pertama yang tidak terkalahkan dalam sejarah Bundesliga dalam satu musim kompetisi.

Langkah Bayer Leverkusen mencatat rekor tidak terkalahkan dimulai ketika  menang 2-1 atas Mainz pada Pekan 23 Bundesliga untuk menjadikannya 33 pertandingan tak terkalahkan.

Juara Bundesliga itu melampaui tim Bayern Munich asuhan Hansi Flick tahun 2020 dan 2021 dalam buku rekor rekor terpanjang tanpa kekalahan oleh tim Jerman secara keseluruhan kompetisi.  Fakta luar biasa lainnya adalah Die Werkself—julukan Leverkusen—mencapai prestasi tersebut dalam satu musim.

Tim asuhan Xabi Alonso mencapai angka 40 laga pertandingan dengan kemenangan di semifinal Piala DFB melawan Fortuna Düsseldorf. Sebelum menyamai rekor Bundesliga untuk awal tak terkalahkan terlama di liga, Leverkusen meraih kemenangan tandang ke Union Berlin pada Matchday 28.

Leverkusen kemudian mencetak rekor terbaik baru di kasta tertinggi Liga Jerman pada Pekan 29, dengan kemenangan 5-0 atas Werder Bremen yang juga membuat klub tersebut dinobatkan sebagai juara untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka.

Hasil tersebut juga membawa Leverkusen menyamai Juventus dalam rekor tak terkalahkan terlama yang pernah dialami sebuah tim di salah satu dari lima liga top Eropa dalam 43 pertandingan sepanjang 2011 dan 2012. 

Leverkusen kemudian menulis ulang buku rekor dengan pertandingan tak terkalahkan ke-44 yang belum pernah terjadi sebelumnya saat mereka bermain imbang 1-1 di West Ham United untuk memastikan tempat di semifinal Liga Eropa UEFA.

Tren positif Leverkusen ini hampir saja berakhir saat berjumpa  Dortmund pada pekan ke-30. Namun Josip Stanišić menyamakan kedudukan pada menit ketujuh waktu tambahan untuk menjadikannya 45 pertandingan kompetitif tanpa kekalahan.

Mereka hanya berjarak tiga laga dari status sebagai tim pertama yang tidak terkalahkan sepanjang musim dalam sejarah kompetisi ini setelah menang melawan VfB Stuttgart. Leverkusen juga menang atas Eintracht Frankfurt di pekan ke-32 sehingga akan menyamai catatan tim Benfica asal Portugal yang tidak terkalahkan dalam 48 laga di semua ajang.

Leverkusen akhirnya bisa melewati rekor yang dipegang oleh Benfica di mana 48 pertandingan tak terkalahkan di semua ajang selama 59 tahun, setelah menang dari AS Roma di laga kedua semifinal Liga Eropa.

Sampai akhirnya, Leverkusen menorehkan rekor baru saat meraih kemenangan atas Bochum yang membuat mereka mencatatkan 50 laga tidak terkalahkan sepanjang musim. 

Tidak mengherankan, Bayer adalah satu-satunya tim di lima liga top Eropa per koefisien UEFA yang belum merasakan kekalahan pada musim 2023/24. 

Mereka telah memenangkan 41 dari 50 pertandingan yang luar biasa, hanya ditahan imbang dalam sembilan kesempatan dan gagal mencetak gol hanya sekali saat bertemu Borussia Mönchengladbach pada pekan ke-19..

Selain satu pertandingan terakhir di kandang melawan Augsburg) dalam Bundesliga yang berpotensi tidak terkalahkan, akan ada dua pertandingan piala lagi yang akan dijalani Leverkusen. 

Final Liga Europa melawan Atalanta di Dublin pada 22 Mei, diikuti final Piala DFB melawan Kaiserslautern tiga hari kemudian, akan membawa Leverkusen memainkan 53 pertandingan tidak terkalahkan pada musim 2023/24.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: