Kritik soal Kenaikan UKT, Megawati: Masa Mau Pinter Bayar Mahal?

Oleh: Ahda Bayhaqi
Minggu, 26 Mei 2024 | 20:52 WIB
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. (Foto/PDIP)
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. (Foto/PDIP)

BeritaNasional.com - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengkritik kenaikan uang kuliah tunggal (UKT) perguruan tinggi yang mahal. Megawati terheran-heran, anak Indonesia ingin berpendidikan tinggi justru terganjal masalah biaya.

"Tadi di dalam sikap politik (ada), sampai masak sih orang mau pinter aja suruh bayar mahal?" kata Megawati dalam pidato penutupan Rakernas V PDIP di Ancol, Jakarta, Minggu (26/5/2024).

Megawati menilai, tidak seharusnya biaya kuliah mahal. Sebab masih banyak warga negara yang miskin.

"Berapa gelintir sih yang orang kaya dibandingkan namanya warga negara kita yang masih belum berpunya?" ujar presiden kelima ini.

Sementara itu, Megawati juga mengkritisi masalah impor yang masih dilakukan. Padahal kedaulatan pangan terus didengungkan.

"Kedaulatan pangan hanya didengung-dengungkan dalam kenyataannya dengan selalu alasan tidak mencukupi. Selalu impor impor impor impor," kata Megawati. 

Ia mengaku bukan tak setuju dengan impor, tetapi hal itu jangan terus menerus dilakukan. Pasalnya masih ada pangan yang bisa dikonsumsi sebagai pengganti beras misalnya. 

"Karena pertanyaannya seperti nanti kalau problem beras pangan karena global warming sulit, kita mau nyari makannya dari mana? Itu lah instruksi saya yang namanya 10 tanaman ditanam pengganti beras," ungkapnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: