Bungkam Dortmund, Real Madrid Raih Gelar Liga Champions ke-15

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Minggu, 02 Juni 2024 | 06:05 WIB
Real Madrid berhasil jadi juara Liga Champions. (Foto/Eufachampionsleague).
Real Madrid berhasil jadi juara Liga Champions. (Foto/Eufachampionsleague).

BeritaNasional.com - Real Madrid berhasil menjadi juara Liga Champions usai mengalahkan Borussia Dortmund dengan skor 2-0 dalam laga final di Stadion Wembley, London, Minggu (2/6/2024) dini hari WIB. Hasil ini juga mengantarkan Real Madrid meraih gelar Liga Champions ke-15.

Kedua tim bermain terbuka di awal babak pertama. Bahkan, Dortmund memiliki peluang emas di menit ke-23 setelah sepakan Niclas Fullkrug usai mengecoh Thibaut Courtois masih mengenai tiang gawang.

Memasuki menit ke-30, Madrid seperti berada di bawah tekanan Dortmund dan tidak bermain lepas seperti biasanya. Pemain andalan Madrid seperti Vinicius Junior hingga Jude Bellingham, sama sekali tidak menghadirkan peluang ke gawang Dortmund.

Walau Dortmund mendominasi, babak pertama harus berakhir dengan skor 0-0.

Babak kedua, permainan Madrid mulai mencair. Peluang diciptakan tim Ibu Kota Spanyol ini lewat sepakan bebas Toni Kroos dan sundulan Carvajal. Hanya saja belum ada yang bisa dikonversi menjadi sebuah gol.

Gol yang dinantikan akhirnya datang juga di menit ke-74. Real Madrid berhasil merobek gawang Dortmund. Mulanya umpan sepak pojok Toni Kroos disambut sundulan Carvajal dan tak bisa dihalau oleh Gregor Kobel. Skor berubah menjadi 1-0 keunggulan bagi Real Madrid.

Tekanan terus dilontarkan Real Madrid kepada Dortmund. Misalnya lewat Jude Bellingham melalui sepakannya yang masih bisa dihalau lini pertahanan Dortmund.

Blunder fatal malah dibuat oleh Ian Maatsen di menit ke-83. Dia tidak memberikan umpan yang akurat kepada rekan setimnya, kemudian mampu dimanfaatkan oleh Vinicius Junior.

Vinicus Junior yang tidak terkawal, dengan tenang memanfaatkan kesalahan itu dengan melesatkan si kulit bundar ke gawang Kobel. Gol bagi Madrid dan skor berubah menjadi 2-0.

Beberapa menit berselang, tim asal Jerman itu bisa membobol gawang Real Madrid. Hanya saja, gol Fullkrug dianulir wasit karena dianggap dalam posisi offside.

Sampai peluit panjang dibunyikan wasit, skor tidak berubah sekaligus Real Madrid keluar menjadi juara Liga Champions. Torehan ini pun mencatatkan tim asal Spanyol ini dengan gelar Liga Champions ke-15.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: