Shaun Evans Jadi Wasit Indonesia vs Irak, Bakal Beri Keuntungan?

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Rabu, 05 Juni 2024 | 11:41 WIB
Wasit Shaun Evans. (foto/myfootball.com.au).
Wasit Shaun Evans. (foto/myfootball.com.au).

BeritaNasional.com - Indonesia akan menghadapi Irak dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026. Dilaporkan, wasit asal Australia, Shaun Evans ditunjuk AFC untuk memimpin laga tersebut.

Diketahui laga Indonesia vs Irak akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (6/6/2024) pada pukul 16.00 WIB. Tentunya kabar Evans akan menjadi wasit dalam laga tersebut menjadi angin segar bagi pecinta sepak bola Indonesia.

Ya, Evans memimpin laga Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024. Di mana, Indonesia berhasil memulangkan Korea Selatan lewat drama adu penalti usai bermain imbang 2-2 selama 120 menit.

Bahkan, Evans dipuji-puji oleh netizen Indonesia karena keputusannya membatalkan gol Korea Selatan lantaran ada pemain yang terjebak di posisi offside.

Lalu Evan mengeluarkan kartu merah dari sakunya kepada pemain Korsel. Lee Young-jun usai menginjak kaki Justin Hubner.

Selain itu, Shaun Evans pastinya tidak asing bagi para pecinta sepak bola di Indonesia. Apalagi, Shaun Evans pernah memimpin Liga 1 antara Persija vs Persib di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, pada 3 November 2017 lalu.

Dalam derby klasik Persija vs Persib tersebut, Shaun Evans membuat keputusan yang dianggap kontroversial. Di mana, wasit asal Australia tersebut menganulir gol yang diciptakan oleh penyerang Persib Ezechiel N’Douassel. 

Akibat peristiwa tersebut kubu Persib Bandung melayangkan protes dengan menghentikan sementara pertandingan karena kecewa atas keputusan Shaun Evans. Sampai akhirnya, Shaun Evans menghentikan pertandingan di menit ke-83.

Kontroversi lainnya adalah Shaun Evans memberikan dua kali penalti kepada Uni Emirat Arab (UEA) ketika berjumpa dengan Timnas Indonesia U-23 di Asian Games 2018. Akibat keputusan itu memberikan dampak kepada Timnas Indonesia U-23 tersingkir dari babak 16 besar Asian Games.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: