China Terganggu Pengerahan Senjata Nuklir AS ke Korsel

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Kamis, 06 Juni 2024 | 09:00 WIB
Ilustrasi senjata nuklir (Foto/Pixabay)
Ilustrasi senjata nuklir (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - China menyatakan, pihaknya menentang pengerahan senjata nuklir Amerika Serikat ke Korea Selatan karena hal itu akan menimbulkan bahaya bagi negara-negara di kawasan.

Reaksi itu disampaikan Beijing dalam menanggapi sebuah laporan yang menyarankan Amerika Serikat untuk mengambil langkah tersebut guna meningkatkan daya tangkal terhadap ancaman dari Korea Utara.

Melalui pernyataan yang disampaikan kepada VOA secara tertulis, Juru Bicara Kedutaan Besar China di Washington, Liu Pengyu menyatakan, “Jika AS mengerahkan senjata nuklir taktis di kawasan Asia-Pasifik, itu akan menjadi langkah berbahaya yang secara serius akan mengancam keamanan negara-negara di kawasan, serta merusak perdamaian dan stabilitas regional.”

“Kami akan terus menangani urusan Semenanjung Korea berdasarkan kondisi mereka dan posisi kami sendiri,” imbuhnya.

Pengyu lalu menggambarkan posisi China di Semenanjung Korea adalah untuk memastikan perdamaian dan stabilitas, serta memajukan penyelesaian politik yang sesuai dengan kepentingan bersama semua pihak.

Dikutip dari VOA, Rabu (5/6/2024) pernyataan itu dibuat sebagai tanggapan atas laporan yang dirilis pada tanggal 29 Mei oleh Senator Roger Wicker, petinggi Partai Republik dalam Komite Angkatan Bersenjata Senat, yang menyerukan peningkatan besar-besaran dalam pengembangan dan kesiapan militer AS untuk menghadapi negara-negara seperti Korea Utara dan China.

Dalam laporan berjudul Perdamaian Melalui Kekuatan, Wicker menyarankan agar Amerika menjajaki sejumlah opsi baru, seperti perjanjian pembagian nuklir di Indo-Pasifik, serta pengerahan kembali senjata nuklir taktis AS di Semenanjung Korea.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: