Gelombang Panas Hantam AS

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Rabu, 05 Juni 2024 | 17:11 WIB
Gelombang panas hantam AS (Foto/Shutterstock)
Gelombang panas hantam AS (Foto/Shutterstock)

BeritaNasional.com - Gelombang panas pertama pada tahun ini, yang meningkatkan suhu hingga menjadi tiga digit, tiba lebih awal dari biasanya ke sebagian besar wilayah barat daya Amerika Serikat.

Prakiraan cuaca memperingatkan agar penduduk Las Vegas dan Phoenix bersiap menghadapi kondisi yang sangat panas dengan suhu tertinggi diperkirakan akan mencapai 43,3 derajat Celcius dalam beberapa hari ke depan.

Layanan Cuaca Nasional AS menyatakan, pada hari Rabu (5/6/2024) nantinya sebagian besar wilayah yang membentang dari tenggara Kalifornia hingga Arizona tengah akan mengalami cuaca terpanas sejak September lalu. Dengan rekor suhu harian tertinggi akan mengancam seluruh wilayah tersebut.

Peringatan cuaca panas berlebih telah dikeluarkan untuk pukul 10 pagi hari Rabu hingga pukul 8 malam hari Jumat untuk beberapa bagian selatan Nevada dan Arizona. Cuaca panas yang tidak biasa itu diperkirakan akan mencapai sejumlah wilayah Barat Laut Pasifik pada akhir pekan ini.

“Kami melihat suhu tinggi di kisaran 90 dan 100 (derajat Fahrenheit atau 32-37 Celcius), suhu di atas rata-rata sepanjang tahun, beberapa tempat bahkan mencapai 10 hingga 20 derajat (Fahrenheit, di atas rata-rata),” ujar Ahli Meteorologi Layanan Cuaca Nasional, March Chenard di College Park, Maryland.


Dikuti dari VOA, Chenard menambahkan, tenggara California, Nevada bagian selatan dan sebagian besar Arizona akan terkena dampak paling parah.

“Seiring kita melewati pekan ini, suhu yang lebih tinggi itu juga akan menyebar ke utara, berpotensi mencapai beberapa bagian Barat Laut Pasifik,” imbuhnya.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: