Cegah Penyakit Anthrax di Jakarta Pusat, Dinas KPKP Gelar Surveilans

Oleh: Tim Redaksi
Kamis, 06 Juni 2024 | 19:07 WIB
Pemeriksaan hewan kurban. (BeritaNasional/Elvis).
Pemeriksaan hewan kurban. (BeritaNasional/Elvis).

BeritaNasional.com - Dalam rangka mencegah penyakit anthrax di wilayah Kota Jakarta Pusat, Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta melalui Pusat Pelayanan Kesehatan Hewan dan Peternakan (Pusyankeswannak),  menggelar surveilans di tempat penampungan hewan kurban.

Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Pusat, Penty Yunesi Pudyastuti menyatakan, kegiatan surveilans penyakit anthrax ini dilaksanakan mulai Rabu (5/6/2024) hingga Kamis (6/6/2024). Beberapa wilayah sudah disisir oleh pihaknya.

"Hari pertama kegiatan menyisir wilayah Kecamatan Menteng dan Tanah Abang. Hari kedua di wilayah Kemayoran," kata Penty, Kamis (6/6/2024).

Penty menuturkan, pada hari pertama petugas Pusyankeswannak Dinas KPKP menyambangi empat lokasi tempat penampungan hewan kurban di Kecamatan Menteng dan enam lokasi di Tanah Abang. Mereka juga telah mengambil 25 sampel darah dan tanah dari empat lokasi.

Sementara, Kepala Pusyankeswannak Dinas KPKP DKI Jakarta, Renova Ida Siahaan menjelaskan, kegiatan surveilans penyakit anthrax ini menyasar seluruh wilayah di DKI Jakarta. Kegiatan dilaksanakan sejak 27 Mei hingga 13 Juni 2024 mendatang.

Diharapkan Renova, surveilans ini bisa mengantisipasi dan menangkal penyakit anthrax masuk ke wilayah Jakarta menjelang Idul Adha 1445 H. Ditargetkan, 105 lokasi TPnHK dengan 525 jumlah sampel preparat ulas darah (PUD) jadi sasaran kegiatan ini.

"Hingga hari ini hasil pengambilan sampel sudah dilakukan ke 53 lokasi TPnHK dan pengujian sebanyak 276 sampel. Seluruhnya kami nyatakan aman," tandasnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: