Ranking UI Melejit ke Posisi 206 Dunia versi QS, Peringkat 8 di Asia Tenggara

Oleh: Tarmizi Hamdi
Kamis, 06 Juni 2024 | 14:00 WIB
Gedung Rektorat UI. (Foto/UI)
Gedung Rektorat UI. (Foto/UI)

BeritaNasional.com - Peringkat Universitas Indonesia (UI) di dunia makin melejit dari posisi 237 pada 2023 menjadi 206 atau ranking 8 di Asia Tenggara.

Ranking ini makin mengukuhkan UI sebagai universitas terbaik di Indonesia. Diketahui, peringkat UI itu dipublikasikan oleh Quacquarelli Symonds (QS) dalam QS World University Rankings 2025 pada Selasa (4/6) saat acara QS EduData Summit 2024 di Washington, D.C. 

Rektor UI Ari Kuncoro bangga atas prestasi ini. UI selama empat tahun terakhir mengalami kenaikan peringkat yang pesat. 

“Pada 2022-2025, UI mengalami kenaikan peringkat berturut-turut, yakni 290, 248, 237, hingga 206. Kami memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh sivitas akademika UI yang berjuang hingga berada di posisi ini,” ujarnya.

QS menetapkan sembilan indikator pada pemeringkatan ini yang meliputi Academic Reputation, Citations per Faculty, Employer Reputation, Faculty Student Ratio, International Faculty, International Students, Employment Outcomes, International Research Network, dan Sustainability.

UI mengalami kenaikan untuk empat indikator, yakni Employer Reputation, Academic Reputation, International Faculty, dan Faculty Student Ratio. Adapun skor UI untuk Employer Reputation, Employment Outcomes, dan International Students menduduki peringkat pertama di Indonesia.

UI mengalami peningkatan skor pada Academic Reputation dan Employer Reputation dengan kenaikan berturut-turut 50,5 menjadi 53,8 dan 73 menjadi 79,2.

Hal tersebut menandai peningkatan persepsi global terhadap UI dan pengakuan yang lebih luas terhadap kualitas lulusan. 

Sementara itu, kenaikan signifikan UI pada skor International Faculty dari 75,8 menjadi 88,3 merefleksikan kemajuan UI dalam globalisasi tenaga pengajar; sedangkan peningkatan skor pada Faculty Student Ratio dari 50,4 menjadi 55,7 merepresentasikan komitmen UI terhadap pengajaran yang lebih interaktif terhadap mahasiswa.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: