PKB Siap Duduk Bareng PDIP, Bahas Keseriusan Usung Anies di Pilgub Jakarta

Oleh: Ahda Bayhaqi
Sabtu, 08 Juni 2024 | 13:37 WIB
Anies Baswedan. (BeritaNasional/Oke Atmaja).
Anies Baswedan. (BeritaNasional/Oke Atmaja).

BeritaNasional.com - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menunggu duduk bersama PDI Perjuangan untuk membahas keseriusannya mengusung Anies Baswedan sebagai calon gubernur Jakarta. PKB akan membicarakan dengan PDIP secara kekeluargaan wacana untuk mengusung Anies. Sehingga tak ada syarat-syarat khusus bila PDIP ingin ikut gerbong pendukung mantan capres 01 itu.

"Belum keputusan kok, baru wacana ya tentu kalau sudah duduk bareng di situ dibicarakan secara objektif secara kekeluargaan," kata Waketum PKB Jazilul Fawaid di Kantor DPP PKB, Jakarta, Sabtu (8/6/2024).

Karena itu, PKB ingin ada duduk bersama PDIP supaya bisa menilai apakah partai berlambang banteng itu serius ingin mendukung Anies di Jakarta.

"Kalau sekarang kan masih enggak bisa kita, menilai apakah serius atau enggak kan belum tahu," katanya.

Sementara itu, PKB tidak masalah apabila PDIP mengusulkan nama Andika Perkasa sebagai pendamping Anies. Perlu dikaji juga bagaimana popularitas Andika. Karena Anies memiliki elektabilitas tinggi di Jakarta, maka pendampingnya harus bisa menyesuaikan.

"Ketertarikan partai-partai kepada cakada itu pertama dari popularitas dan elektabilitas, dari siapapun, pak anies memiliki itu di DKI, maka partai yang lain untuk mencari tokoh lain yang punya popularitas itu juga tidak mudah," kata Anies.

Sebelumnya, Anies Baswedan menanggapi peluang PDI Perjuangan meliriknya menjadi calon gubernur Jakarta. Anies mengakui tertarik untuk diusung PDIP.

Tetapi, mantan calon presiden nomor urut 01 ini mengaku masih belum mengambil keputusan. Anies tengah mempertimbangkan untuk maju sebagai calon gubernur untuk periode keduanya.

"PDIP juga menarik, jadi sambil kita lihat hari-hari ini mudah-mudahan sampai pada kesimpulan," katanya kepada wartawan, dikutip Sabtu (8/6/2024).

Sementara itu, PDIP juga mempertimbangkan Andika Perkasa untuk diusung di Pilgub Jakarta. Anies belum mau bicara peluang berpasangan dengan Andika.

"Kan saya harus nyimpulin dulu baru bicara soal pasangan dong," katanya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: