Viral Pemain Liga 1 Kompak Bikin Tagar ‘Ini Sepak Bola Indonesia?’

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Sabtu, 08 Juni 2024 | 21:01 WIB
Postingan beberapa pemain Liga 1. (Foto/instagram.)
Postingan beberapa pemain Liga 1. (Foto/instagram.)

BeritaNasional.com - Sejumlah pemain sepak bola yang berlaga di Liga 1 kompak mengunggah foto dengan latar belakang hitam dan bertuliskan ‘IniSepakbolaIndonesia?’.

Unggahan itu dilakukan seperti pemain Persija Jakarta Andritany. Pemain yang berposisi sebagai penjaga gawang ini tak mencantumkan alasan membuat aksi postingan tersebut.

“Pertanyaan untuk kita semua, apakah kompetisi sepakbola Indonesia? Never give up and stay strong” tulis keterangan dalam unggahan Andritany.

Pemain Barito Putera, Bagas Kaffa juga memposting unggahan sama seperti yang dilakukan oleh Andritanya. Ia juga tidak mencantumkan alasan terkait postingan itu.

“Pertanyaan untuk kita semua, apakah kompetisi sepakbola Indonesia?” kata Bagas.

Winger asal Persib Bandung, Febri Hariyadi memposting serupa dengan menyematkan akun media soaial Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI).

Belum diketahui latar belakang para pemain yang bermain di Liga 1 ini memposting foto tersebut. Diduga hal itu menyusul keputusan PSSI dan operator Liga 1 yakni PT Liga Indonesia Baru yang memberlakukan peraturan delapan pemain asing untuk Liga 1 musim depan.

Sebagai informasi, PT Liga Indonesia Baru sebagai operator kompetisi Liga Indonesia sudah menentukan musim baru Liga 1 2024/2025 akan dimulai pada 2 Agustus 2024 mendatang.

Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus menginformasikan bahwa kompetisi Liga 1 2024/25 akan dimulai pada Agustus 2024. Kemudian Liga 1 akan berakhir di bulan Mei 2025.

Pada Liga 1 2024/25, klub bisa mengontrak delapan pemain asing, dengan komposisi 6+2. Artinya, dari delapan pemain asing yang dikontrak, dua pemain harus berasal dari Asia. 

“Jika klub mengontrak 8 pemain asing, ketentuan yang bisa menjadi starter adalah 5+1. Pada Daftar Susunan Pemain (DSP), boleh 6+2 dimasukkan. Akan tetapi starter atau yang berada di lapangan, maksimal 5+1. Itu artinya pemain asing cadangan bisa masuk jika menggantikan pemain asing lain yang diturunkan,” beber dia. 

Ferry berharap dengan perubahan koutan pemain asing ini bisa membuat Liga 1 semakin berkualitas.

“Kami berharap dengan perubahan kuota pemain asing ini, kompetisi menjadi lebih berkualitas. Dengan begitu, akan berpengaruh pada kualitas pemain lokal kita dan akan bermanfaat bagi timnas,” jelasnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: