Survei LKPI: Paniel Waker Berpeluang Menangkan Pilihan Bupati Puncak Papua

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Minggu, 09 Juni 2024 | 14:54 WIB
Ilustrasi menjelang pilbup di Papua (Foto/Ist)
Ilustrasi menjelang pilbup di Papua (Foto/Ist)

BeritaNasional.com - Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) merilis penelitian tentang Preferensi Publik Kabupaten Puncak di Provinsi Papua Tengah jelang pilkada 2024. Penelitian sendiri dilakukan dengan mengunakan  observasi metadata dan survei kepada 880 masyarakat Kabupaten Puncak yang ada di 20 distrik.

penarikan sample ini mengunakan metode Sampel Acak Berstrata (Stratified Random Sampling) pada populasi Daftar pemilih tetap di kabupaten Puncak pada pemilu 2024. Hasil survei ini memiliki margin of error 3.3 dan Tingkat kepercayaan 95 persen

Direktur LKPI Togu Lubis mengatakan, hasil temuan survei diketahui bahwa tingkat  literasi masyarakat Kab Puncak terhadap adanya pilkada Kabupaten Puncak di bulan November 2024 masih sangat rendah hanya 43,7 persen saja masyarakat Kabupaten Puncak Papua yang tahu akan adanya Pilkada. Sementara sebanyak  56,3 persen tidak  tahu.

Dari survei juga ditemukan bahwa sebanyak  88,4 persen masyarakat Kab Puncak berharap Pilkada berjalan aman dan damai. Sementara sebanyak 11,6 persen tidak memberikan pendapat.

Sebanyak 86,8 persen masyarakat ingin Bupati Terpilih nanti bisa membangun lebih banyak jalan jalan penghubung di Kab Puncak yang banyak belum terhubung 
86,7 persen masyarakat berharap bupati terpilih bisa mengembangkan pembangunan pertanian dan penyediaan lumbung pangan di di Kab Puncak. Lalu sebanyak 89,7 persen bupati terpilih diharapkan bisa meningkatkan fasilitas kesehatan dan pendidikan 

"Hasil survei terkait tokoh bakal calon bupati Puncak terhadap popularitas tokoh sebagai bakal bupati, nama Kepala Dinas Sosial Kabupaten Puncak, Papua Tengah, Peniel Waker menjadi bakal bupati Puncak yang paling populer dengan tingkat Popularitas hingga 89,2 persen hal ini akibat kinerja Peniel Waker dalam Penyaluran Bantuan Korban Bencana Kekeringan di Kabupaten Puncak di tahun 2023. Lalu diurutan  kedua nama Pelinus Belinal dengan tingkat popularitas 78,7 persen, dan Menase Wandik 67,2 persen, Danius Tabuni 54,1 persen, dan Elvis Tabuni 52,6 ," kata Togu Lubis dalam keterangannya, Minggu (9/6/2024).

Togu Lubis menjelaskan, sedangkan tokoh yang disuka dan menjadi tokoh yang bisa diterima  oleh masyarakat sebagai pemimpin Kab Puncak, hasil survei menunjukan Peniel Waker menjadi tokoh yang memiliki tingkat akseptabilitas paling tinggi yaitu 76,7 persen. "Sedangkan Menase Wandik 67,4 persen, Pelinus Belinal 65,7 persen, Danius Tabuni 52,7 persen, dan Elvis Tabuni 51,8 ," katanya,

Sementara itu, hasil survei terkait tingkat elektabilitas tokoh bakal calon bupati Kabupaten Puncak dengan mengunakan simulasi pertanyaan terbuka pada 880 responden nama Peniel Waker menjadi Calon Bupati Kabupaten Puncak  Top Of Mind (Paling Diingat) Masyarakat Kabupaten Puncak 

Hal ini tergambar dari hasil survey Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) pada bulan 23 Mei sd 4 Juni  2024.

Menurut Togu, LKPI mengajukan pertanyaan kepada masyarakat bahwa kalau pemilihan langsung Bupati puncak diadakan hari ini, siapa yang akan Bapak/Ibu pilih sebagai Bupati?.

"Calon bupati Puncak Peniel Waker  berada posisi teratas Top Of Mind sebanyak 30,8  persen. Di bawahnya Menase Wandik 20,3 persen ,Pelinus Belinal 16,2 persen ,Danius Tabuni 8,8 persen ,Elvis Tabuni 4,6 persen dan tokoh lainnya dijumlah mencapai 7,7 persen dan yang tidak memilih 11,6 persen," ucap Togu.

Kemudian Tingkat Keterpilihan Calon Bupati Puncak dengan mengunakan  pertanyaan tertutup dengan  simulasi 5  tokoh yang dipilih sebagai Bupati Puncak dengan pertanyaan jika Pilkada digelar hari ini tokoh yang mana yang akan di pilih oleh anda ? sebagai Bupati Puncak ,nama  Peniel Waker  menjadi tokoh yang paling banyak mendapat dukungan  dengan Tingkat Keterpilihan 39,2 persen ,Kemudian urutan kedua Menase Wandik 24,7 persen ,Pelinus Belinal 12,3 persen ,Elvis Tabuni 5,2 persen,Danius Tabuni 4,7 persen dan tidak memilih 13,9 persen

Menanggapi survei Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) soal unggulnya Kepala Dinas Sosial Kabupaten Puncak, Papua Tengah, Peniel Waker, Pengamat politik yang juga dari  Institute fot Digital Democracy (IDD), Bambang Arianto menilai bahwa Peniel Waker  dianggap mampu memimpin Puncak, Papua karena  kinerjanya sebagai Kadis Sosial telah terbukti  melakukan tugasnya dengan baik kepada masyarakat.

"Ya bukti nyata Paniel Waker melalui kinerjanya sebagai kadis Sosial sudah terlihat bahwa telah melakukan tugasnya dengan baik dan memberikan perhatian kepada masyarakat Papua," kata Bambang kepada awak media.

Bambang menyebutkan, bahwa peluang menang sebagai bupati Puncak, Paniel Waker sangat besar jika Paniel terus melakukan program dan bekerja untuk masyarakat Kabupaten Puncak, Papua.

"Peluang Paniel Waker menang besar jika ditunjang dengan program dan bekerja untuk masyarakat Kabupaten Puncak, Papua," ucap Bambang.

Menurut Bambang, Paniel Waker bersama timses politiknya harus bekerja keras untuk meyakini masyarakat Puncak, Papua, melalui program pro rakyat seperti perhatian kepada pendidikan, soal kebutuhan masyarakat, maka itu menjadi peluang bagi Paniel untuk menang Pilbup Puncak, Papua.

"Jadi bukan hanya bekerja keras, melalui program pro rakyat seperti perhatian kepada pendidikan, soal kebutuhan masyarakat, maka itu menjadi peluang bagi Paniel untuk menang Pilbup Puncak,Papua," ucapnya.

Selain itu, pesta demokrasi di Puncak, Papua sangat berbeda dengan wilayah Indonesia lainnya, karena wilayah Papua memiliki kebiasanya dimana harus mendapatkan.

"Paniel Waker juga harus bisa menyakini suku adat agar memberikan daya tambah politik untuk menang di pilbub Puncak, Papua," jelasnya.

Menurut dia, pengalaman sebagai kadis dinas sosial sebagai modal awal Paniel Waker untuk mendapatkan suara menangkan pilbup Puncak, Papua.

"Pengalaman sebagai kadis dinas sosial sebagai modal awal Paniel Waker untuk mendapatkan suara menangkan pilbup Puncak, Papua," bebernya.

 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: