PPDB Jakarta 2024 Baru Dibuka, 88 Ribu Calon Peserta Didik Telah Mendaftar

Oleh: Lydia Fransisca
Senin, 10 Juni 2024 | 14:00 WIB
Ilustrasi peserta didik (Foto/Pixabay)
Ilustrasi peserta didik (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Wakil Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Pemprov DKI Jakarta Purwosusilo mengungkapkan, sudah sebanyak 88.000 siswa yang berusaha mendaftar Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Jakarta 2024 hingga sekitar pukul 09.00 WIB.

Diketahui, pendaftaran dan pemilihan sekolah PPDB Jakarta 2024 baru dibuka Senin (10/6/2024) pukul 08.00 WIB tadi.

"Sudah ada 88 ribuan (siswa)," kata Purwo ketika dihubungi. 

Dengan banyaknya pendaftar itu, Purwo mengaku sempat terjadi penumpukan saat web baru. Penumpukan itu terjadi sekitar 10 menit.

Meski demikian, Purwo menegaskan bahwa hal tersebut bukan merupakan eror. Sebab, masyatakat masih bisa mengakses situs https://ppdb.jakarta.go.id.

"Bukan eror. Jadi pada saat detik pertama sampai 10 menit itu terjadi penumpukan. Tapi masyarakat tetap bisa akses, bukan eror, lancar-lancar saja," kata Purwo ketika dihubungi.

Adapun penumpukan itu terjadi, jelas Purwo, karena calon peserta didik berbondong-bondong mengakses web secara bersamaan. Mengingat, seluruh jenjang dibuka pendaftaran PPDB-nya hari ini.

"Iya penumpukan pada awal, jadi seperti biasa. Dalam sebuah sistem itu di awal bareng, sudah sekian puluh ribu. Enggak eror," ujar Purwo.

Ia pun memastikan pendaftaran PPDB akan berjalan secara normal dan lancar.

"Kalau menurut pengalaman yang ada, di sistem itu sudah termonitor. Jadi untuk kelanjutannya terus sudah berjalan secara stabil. Kalau penumpukan lalu kita lost, bisa jebol. Makanya itu salah satu pengamanan," ucap Purwo.

"Ibarat kata mesin itu pemanasnya lagi di-stater, langsung tancap gas kan enggak mungkin. Maka kami memang sudah antisipasi dan kami selalu standby untuk memonitor perjalanan sistem, lancar-lancar saja," tambahnya.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: