Kemenko Perekonomian Sudah Siap Pindah ke IKN, Tunggu Kantor Jadi

Oleh: Panji Septo R
Senin, 17 Juni 2024 | 15:30 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (Beritanasional/Panji)
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (Beritanasional/Panji)

BeritaNasional.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan kementeriannya sudah mempersiapkan perpindahan untuk bekerja di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Airlangga mengatakan hal tersebut bisa langsung dieksekusi apabila kondisi kantor Kementerian Koordinator Perekonomian di IKN sudah siap.

"Ya, sesuai kesiapan kantor di tempat," ujar Airlangga di DPP Partai Golkar, Senin (17/6/2024).

Selain itu, ia juga mengaku tengah mempersiapkan para pegawai negeri sipil (PNS) yang akan dipindahkan ke Kalimantan Timur tersebut.

"Kami sudah mempersiapkan PNS-PNS yang akan dipindahkan," tuturnya.

Sebelumnya, Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso mengatakan bakal ada empat menteri koordinator (Menko) yang bakal pindah ke IKN.

"Kemenko itu malah justru instansi pertama yang pindah ke IKN perangkat presiden dan empat Menko," ucap Susiwijono.

Keempatnya, yakni Kemenko Bidang Perekonomian, Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kemenko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, dan Kemenko Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan.

Ia juga mengatakan, perangkat perangkat istana seperti Sekretariat Negara (Setneg), Sekretariat Kabinet (Setkab), Kantor Staf Presiden (KSP) bakal didahulukan.

“Makanya gedung-nya yang dibangun empat Menko dulu, dengan harapan empat Menko nanti masing masing KL teknis ada perwakilannya. Misalnya Kemenkeu di bawah kita," katanya.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: