Soal PKS Gabung KIM di Pilgub Jakarta 2024, Gerindra Terbuka

Oleh: Ahda Bayhaqi
Rabu, 19 Juni 2024 | 15:15 WIB
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman. (BeritaNasional/Ahda)
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman. (BeritaNasional/Ahda)

BeritaNasional.com - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman tidak masalah bila partai yang sebelumnya berbeda kubu di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 bisa bergabung dalam koalisi di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Hal itu menanggapi isu tawaran kepada PKS untuk bergabung dalam koalisi di Pilgub Jakarta 2024. Habiburokhman mengatakan pihaknya berharap tidak ada kubu-kubu lagi di Pilkada 2024.

"Kami berharap tidak ada lagi kubu-kubuan di pilkada kali ini, di DKI khususnya. Partai-partai yang kemarin mungkin berbeda koalisi dengan kami bisa jadi saat ini bersatu dengan kami," kata Habiburokhman dalam keterangannya pada Rabu (19/6/2024).

Habiburokhman menjamin Gerindra terbuka untuk berkoalisi dengan seluruh partai politik di Pilkada 2024. Termasuk dengan partai-partai yang sebelumnya tidak mendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden.

"Jadi, demi kebaikan, demi masyarakat Jakarta, kami terus mencoba menyamakan frekuensi dengan seluruh partai politik yang ada," katanya.

Soal tawaran agar PKS bergabung koalisi di Pilgub Jakarta, Habiburokhman memastikan belum ada tawaran resmi. Dia mengatakan baru tawaran dari individu pimpinan partai politik saja.

"Belum menjadi tawaran yang resmi. Dengan demikian, kami menghargai proses yang berjalan, dinamika yang berjalan," ujar Habiburokhman.

Sementara itu, Habiburokhman belum memastikan siapa yang akan diusung oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM) di Pilgub Jakarta 2024.

"Jika nanti sudah disepakati, kami akan update kepada rekan-rekan siapa cagub, siapa cawagub yang akan diajukan oleh Gerindra dan rekan-rekan Koalisi Indonesia Maju," jelas wakil ketua Komisi III DPR ini.

Sebelumnya, Presiden PKS Ahmad Syaikhu mengakui ada tawaran dari KIM untuk bergabung dengan koalisi yang mengusung Ridwan Kamil di Jakarta. PKS mengkaji peluang untuk mendukung Ridwan Kamil.

"Ada itu makanya sedang kami coba analisis," katanya di DPP PKS, Jakarta, Selasa (18/6/2024).

Karena itu, PKS belum mendeklarasikan siapa yang akan diusung di Pilgub Jakarta. PKS saat ini mempertimbangkan mengusung Anies Baswedan.

"Kami kaji mana kira-kira yang nanti paling maslahat, kira-kira begitu," kata Syaikhu.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: