Gempa M 5,7 Guncang Jayapura Papua, Tak Berpotensi Tsunami

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Jumat, 21 Juni 2024 | 08:18 WIB
Ilustrasi gempa bumi. (foto/pixabay).
Ilustrasi gempa bumi. (foto/pixabay).

BeritaNasional.com - Gempa magnitudo 5,7 mengguncang wilayah Jayapura, Papua, pada hari ini Jumat (21/6/2024). Gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengatakan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,5. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 3,59° LS ; 139,95° BT, atau tepatnya berlokasi di darat wilayah Jayapura, Papua pada kedalaman 86 km.

Ia menyatakan, gempabumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Wamena dengan skala intensitas II-III MMI ( Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu ), daerah Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura dengan skala intensitas II MMI ( Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang ). 

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” jelas Daryono dalam keterangannya, Jumat (21/6/2024).

Diungkapkan Daryono, hingga pukul 07.30 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan ( aftershock ).

Namun begitu, ia  mengimbau kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

“Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” tandasnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: