Upacara HUT Ke-497 Jakarta, Heru Budi: Ini Perayaan Terakhir Sandang Status Ibu Kota

Oleh: Mufit
Sabtu, 22 Juni 2024 | 12:20 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. (Foto: Instagram Heru Budi)
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. (Foto: Instagram Heru Budi)

BeritaNasional.com - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bertindak sebagai inspektur dalam upacara Hari Ulang Tahun atau HUT Ke-497 Jakarta yang berlangsung di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Sabtu (22/6/2024).

Heru menyatakan momentum upacara itu tidak hanya menjadi perayaan bergantinya usia Jakarta, tetapi juga merayakan semangat Jakarta menuju pembaharuan.

"Sebagai sebuah kota, Jakarta telah melalui perjalanan sejarah panjang. Dimulai dari pelabuhan kecil bernama Sunda Kelapa hingga menjadi ibu kota negara Indonesia dengan segala dinamika dan segala tantangannya," kata Heru.

Heru menyampaikan, pada usia yang hampir genap lima abad itu, Jakarta akan menjalani peran baru melepas status sebagai ibu kota negara. 

Sebab, kata Heru, Undang-undang Nomor 2 Tahun 2024 Tentang Daerah Khusus Jakarta telah disahkan.

"Tahun ini merupakan perayaan ultah terakhir Jakarta dengan menyandang status ibu kota negara," ujar Heru.

Meski begitu, Heru menjamin Jakarta tidak akan kehilangan pesona usai berganti peran. Dia meyakini Jakarta bakal terus bertumbuh.

"Jakarta akan mengakselerasi langkahnya. Jakarta akan terus tumbuh menjadi kota global dan pusat perekonomian nasional," ucapnya.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) ini juga memandang pergantian status Jakarta sebagai kesempatan untuk berbenah baik dari segi infrastruktur maupun dari sisi kualitas hidup warganya.

"Ini adalah kesempatan untuk berbenah untuk meningkatkan infrastruktur, kualitas hidup warga sekaligus menghadirkan wajah baru yang layak huni dan berkelanjutan," ujar Heru.

Namun, Heru tak menampik proses yang bakal dihadapi Jakarta ke depan tidak mudah dan penuh tantangan. Dia bilang dibutuhkan kerja sama dan sinergi yang baik antara pemerintah dan warga.

"Saya meyakini dengan kegigihan dan sinergi bersama elemen masyarakat, kota ini bisa berdiri dengan kota maju lainnya di dunia," kata dia.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: