Insiden Gangguan PDN, Pengamat: Ancaman Kedaulatan Data Negara

Oleh: Imantoko Kurniadi
Minggu, 23 Juni 2024 | 14:06 WIB
Ilustrasi Pusat Data Nasional. (Foto/Freepik)
Ilustrasi Pusat Data Nasional. (Foto/Freepik)

BeritaNasional.com - Gangguan Pusat Data Nasional (PDN) telah mengingatkan kita akan pentingnya pengamanan infrastruktur teknologi informasi yang vital bagi negara.

Kejadian ini tidak hanya memengaruhi layanan pemerintah, tetapi berdampak serius pada keamanan data dan kedaulatan negara.

"Salah satu pelajaran penting yang bisa diambil dari insiden ini adalah bahwa penggunaan PDN tanpa pengamanan yang kuat, dapat membahayakan kedaulatan data negara," kata pakar keamanan siber, Pratama Persadha kepada BeritaNasional.com, dalam keteranganya, Kamis (23/6/2024).

"PDN menjadi pusat penting bagi berbagai layanan pemerintah, dan ketergantungan sepenuhnya pada infrastruktur ini tanpa rencana keberlanjutan bisnis yang matang dapat menyebabkan kerentanan yang serius," ucap lebih lanjut Chairman Lembaga Riset Keamanan Siber CISSReC ini.

Setiap instansi pemerintah yang menggunakan PDN harus memiliki rencana keberlanjutan bisnis yang kuat. 

Ini termasuk strategi cadangan yang dapat diimplementasikan dalam situasi darurat seperti gangguan pada PDN. 

"Transparansi juga menjadi kunci; PDN harus secara terbuka mengkomunikasikan masalah yang terjadi dan memiliki rencana yang terperinci untuk mengatasi risiko seperti gangguan teknis atau serangan siber," kata Pratama.

Pratama pun menegaskan pengelolaan keamanan siber harus menjadi fokus utama dalam menjaga kestabilan PDN.

"Pengelola PDN bertanggung jawab atas keamanan infrastruktur secara keseluruhan, termasuk perlindungan terhadap serangan siber yang semakin kompleks dan berbahaya," paparnya. 

Di sisi lain, keamanan aplikasi yang berjalan di PDN menjadi tanggung jawab dari instansi pemerintah yang memiliki dan mengoperasikan aplikasi tersebut.

Dalam konteks regulasi seperti Perpres Infrastruktur Informasi Vital (IIV) dan perban Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), setiap instansi pemerintah harus menyertakan rencana keberlanjutan layanan saat terjadi gangguan pada PDN. 

Langkah-langkah ini penting untuk memastikan bahwa layanan masyarakat tetap berjalan tanpa hambatan signifikan saat terjadi gangguan pada infrastruktur kritis seperti PDN.

"Evaluasi menyeluruh terhadap keamanan dan kesiapan PDN saat ini menjadi penting untuk meningkatkan perlindungan terhadap data dan layanan pemerintah," ungkapnya.

Hal ini bisa dilakukan dengan perencanaan dan implementasi PDN yang permanen harus memperhatikan faktor redundansi dan keamanan secara menyeluruh, termasuk aspek perangkat keras, suplai listrik yang andal, dan koneksi internet yang aman dan cepat.

Dengan langkah-langkah yang tepat, PDN dapat menjadi tulang punggung yang kuat bagi layanan pemerintah dan menyokong kedaulatan data negara dengan efektif dan aman.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: