Shin Tae-yong Disebut Jadi Kandidat Kuat Pelatih Korea Selatan, Bakal Tinggalkan Indonesia?

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Selasa, 25 Juni 2024 | 11:01 WIB
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. (Foto/PSSI).
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. (Foto/PSSI).

BeritaNasional.com - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong dikabarkan bakal kembali menukangi Timnas Korea Selatan. Hal ini sebagaimana sorotan yang dikabarkan oleh media Korea Selatan ihwal reuninya Shin Tae-yong menjadi pelatih Taeguk Warriors.

Sebagaimana misalnya media asal Korea Selatan yakni Sportalkorea. Mereka menuliskan artikel khusus mengenai rumor kembalinya Shin Tae-yong menjadi pelatih Korea Selatan.

“Akankah Shin Tae-yong mencapai impiannya menjadi pelatih kepala resmi Korea?,” tulis judul berita Sportalkorea dilihat Selasa (25/6/2024).

Dalam artikel itu juga membahas kinerja Shin Tae-yong secara umum. Mulai dari awal Shin Tae-yong bergabung dengan Timnas Indonesia sejak 2020 lalu dan kemudian menulis sejarah baru.

Salah satunya adalah Indonesia meraih prestasi gemilang dengan melaju ke babak 16 besar Piala Asia 2024. Kemudian melaju ke babak semifinal untuk pertama kalinya dalam sejarah di Piala Asia U-23.

“Sejak Shin Tae-yong menjabat, Indonesia meraih prestasi gemilang dengan melaju ke babak 16 besar Piala Asia untuk pertama kalinya dalam sejarah melalui Piala Asia Qatar, dan berhasil melaju ke babak semifinal untuk pertama kalinya dalam sejarah di Piala Asia. Piala Asia U-23 April lalu,” tulis Sportalkorea.

Kemudian, Sportalkorea juga menuliskan prestasi Timnas Indonesia yang berhasil melaju ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia bersama dengan Shin Tae-yong. Hal ini menjadi analisa bahwa dukungan penuh dan kepercayaan dari PSSI dan masyarakat menjadi kuncinya.

Memang, sampai saat ini Shin Tae-yong belum memperpanjang kontrak menjadi pelatih Timnas Indonesia usai menorehkan prestasi dan sejarah bagi skuad Garuda.

Di sisi lain, Ketua Umum PSSI Erick Thohir, mengatakan sepak bola nasional dan kesuksesan timnas Merah Putih yang mendapat banyak apresiasi tak hanya hasil kerja satu individu atau PSSI semata. 

Ia bilang kolaborasi dan sinergi yang melibatkan berbagai pihak menjadi faktor yang tidak bisa dilepaskan dalam menempatkan sepakbola Indonesia ke tingkat keterkenalan dan prestasi saat ini.

"PSSI memperkuat komitmen untuk terus bekerja sama dengan pemerintah dalam mengembangkan prestasi olahraga, khususnya sepak bola di Indonesia. Kami percaya bahwa kolaborasi antara PSSI dan pemerintah dapat menciptakan kondisi yang mendukung untuk membangun timnas dengan kualitas yang berbeda," ujar Erick Thohir dilihat dari laman PSSI.

Ia juga menegaskan bahwa suksesnya Timnas bukan semata-mata karena kontribusi tunggal dari individu seperti dirinya, Jay Idzes, atau Shin Tae-yong, melainkan hasil kerja keras dan kolaborasi tim secara keseluruhan. 

"Kami patut berterima kasih atas dedikasi dan kerja keras semua anggota staf, pelatih, pemain, dan semua pihak yang terlibat dalam memajukan sepak bola Indonesia," ujarnya.

Di tengah kabar rumor tersebut, Shin Tae-yong masih di Korea Selatan. Bahkan, menurut PSSI Shin Tae-yong sedang menjalani perawatan kesehatan di negaranya yaitu Korea Selatan.

“Setelah konsultasi dengan tim medis, diputuskan bahwa Shin Tae-yong akan fokus pada proses kesembuhannya selama 2-3 minggu ke depan,” tulis keterangan dari PSSI dilihat Selasa (25/6/2024).

Sehingga, Shin Tae-yong absen saat acara pengundian fase ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang berlangsung di Kuala Lumpur, Kamis (27/6/2024). Sebagai gantinya, Erick Thohir akan menggantikan Shin Tae-yong untuk hadir pada acara itu.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: