Apa Itu Kualifikasi Piala Dunia? Simak Penjelasannya di Sini!

Oleh: Tim Redaksi
Jumat, 28 Juni 2024 | 02:16 WIB
Fifa World Cup Trophy. (Foto/FIFA).
Fifa World Cup Trophy. (Foto/FIFA).

BeritaNasional.com - Kualifikasi Piala Dunia FIFA adalah proses kualifikasi tim sepak bola nasional untuk menuju ke Putaran Final Piala Dunia FIFA.

Turnamen kualifikasi tersebut diadakan di enam zona kontinental FIFA (Afrika, Asia, Amerika Utara dan Tengah dan Caribbean, Amerika Selatan, Oceania, Eropa), dan diorganisir oleh konfederasi respektif mereka.

Indonesia sendiri sedang mengikuti Kualifikasi Piala Dunia 2026. Kualifikasi Piala Dunia FIFA 2026 zona Asia akan diadakan sebagai kualifikasi untuk Piala Dunia FIFA 2026 yang akan diadakan di Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko untuk tim nasional yang tergabung dalam Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). 

Total 8 ⅓ tempat (8 tempat lolos langsung dan 1 tempat perebutan tempat antar konfederasi) pada putaran final tersedia untuk tim AFC.

Proses kualifikasi melibatkan lima babak; dua babak pertama juga bertindak sebagai kualifikasi untuk Piala Asia AFC 2027

Peserta:

45 negara yang berafiliasi dengan FIFA memenuhi syarat untuk mengikuti proses kualifikasi Piala Dunia FIFA 2026 zona Asia dan Piala Asia AFC 2027.

Kepulauan Mariana Utara, yang bukan anggota FIFA, akan masuk melalui babak play off kualifikasi Piala Asia AFC 2027.

Pengundian babak pertama dan kedua kualifikasi bersama akan dilakukan pada 27 Juli 2023.

Tim akan diunggulkan ke dalam empat pot. Pot 1, 2 dan 3 masing-masing berisi tim peringkat 1–9, 10-18 dan 19-27, sedangkan Pot 4 berisi 18 tim tersisa (peringkat 28–45). Semua tim dari Pot 4 akan ditarik ke babak pertama tanpa penyemaian lebih lanjut. Tim dari Pot 1, 2 dan 3 akan diundi langsung ke putaran kedua, bersama dengan pemenang seri putaran pertama yang dialokasikan.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: