Muzani Ungkap Manuver Gerindra di Pilgub 2024: Jakarta, Banten, Jabar, Jateng Jadi Sorotan

Oleh: Tim Redaksi
Jumat, 28 Juni 2024 | 22:00 WIB
Sekjen Gerindra Ahmad Muzani. (BeritaNasional/Elvis Sendouw)
Sekjen Gerindra Ahmad Muzani. (BeritaNasional/Elvis Sendouw)

BeritaNasional.com -  Sekretaris Jenderal (Sekjen) Gerindra Ahmad Muzani menyampaikan kabar terbaru tentang manuver partainya dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2024 di beberapa daerah yang menjadi sorotan. Di antaranya Pilgub Banten, Jakarta, Jawa Barat (Jabar), dan Jawa Tengah (Jateng).   

Muzani mengungkapkan bahwa partainya akan menduetkan Ketua DPD Gerindra Banten Andra Soni dengan kader PKS Ahmad Dimyati Natakusumah.

‘’Di Banten, kami mengajukan Andra Soni, Ketua DPRD Banten yang juga ketua DPD Gerindra Banten untuk maju sebagai calon gubernur banten bersama Saudara Ahmad Dimyati Natakusumah dari Pandeglang untuk menjadi calon wakil gubernur yg berpasangan dengan Andra Soni,’’ ungkapnya di Istana Negara Jakarta pada Jumat (28/6).

Sementara itu, terjadi tarik ulur di antara partai dalam Koalisi Indonesia Maju dalam mengusung calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) di Pilgub Jakarta, Jabar, dan Jateng.

Menurut wakil ketua MPR tersebut, partai-partai dalam KIM terus melakukan pembahasan untuk mengukuhkan siapa yang layak untuk maju dalam kontestasi di wilayah tersebut.

‘’Nanti akan dibicarakan dengan para elite KIM,’’ ungkap Muzani.

Hingga saat ini, Ridwan Kamil (RK) belum juga ditetapkan sebagai cagub Jakarta karena KIM masih terus memantau kondisi riil di akar rumput.

Muzani menyatakan pihaknya masih memerlukan waktu untuk menentukan siapa yang bakal maju sebagai cagub di Pilgub Jakarta 2024.

‘’Ya, karena waktunya masih cukup panjang sehingga dilakukan exercise, uji coba kalau ini dengan ini, ini dengan ini,’’ tuturnya.

Sementara itu, di Pilgub Jabar, tokoh yang berembus kencang untuk maju sebagai cagub dari Gerindra adalah Dedi Mulyadi (Demul)

Ketika ditanya apakah Gerindra akan memilih Demul atau RK, Muzani tak menjawab secara gamblang. Yang jelas, lanjut dia, Jabar memerlukan cagub yang memang dapat memenangi kontestasi ini. Cagubnya tentu berasal dari kader Gerindra.

‘’Jawa Barat kami berharap ada perimbangan kekuatan yang bisa mengimbangi supaya yang disodorkan itu bisa menang. Insyaallah kader Gerindra,’’ ungkapnya.

Pilgub Jateng 2024

Tampaknya, Gerindra hampir pasti mengusung Ahmad Luthfi sebagai cagub. Namun, ada nama lain untuk menjadi opsi, yaitu Ketua DPD Gerindra Jateng Sudaryono. 

‘’Ya, Jateng nama yang mencuat ada Pak ahmad Luthfi, ada juga Pak Daryono. Keduanya sedang kami pelajari, tapi Pak prabowo sudah punya kantong di sini,’’ katanya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: