Disanksi AFC, Ini Dia Besaran Denda yang Dikenakan ke STY, Ivar Jenner dan Justin Hubner

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Sabtu, 29 Juni 2024 | 13:07 WIB
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Foto/PSSI).
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Foto/PSSI).

BeritaNasional.com - AFC memberikan sanksi kepada pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong serta pemain Timnas yakni Justin Hubner dan Ivar Jenner. Mereka disanksi oleh AFC karena mengeluarkan kata-kata yang tidak pantas di Piala Asia U-23 2024 lalu.

Sanksi tersebut dirilis pada Jumat (28/6/2024) di mana berisikan Komite Etik dan Disiplin AFC memberikan sanksi bagi Shin Tae-yong, Ivar Jenner dan Hubner. Sanksi yang diberikan pun berbeda-beda dan ketiga juga mendapatkan hak untuk banding.

Shin Tae-yong, Hubner dan Jenner dinilai Komite Disiplin AFC melanggar pasal 50 perihal tingkah laku buruk karena dianggap memberikan reaksi yang tidak pantas terkait putusan wasit, lawan dan hasil pertandingan setelah melawan Qatar di Piala AFC U-23.

AFC menilai Shin Tae-yong dianggap mengeluarkan kata-kata kurang panas terkait pertandingan, kepemimpinan wasit, tuan rumah Qatar termasuk juga AFC.

Adapun untuk Justin Hubner dan Ivar Jenner dianggap melanggar lantaran melakukan kritik di media sosial. Memang kedua pemain ini menyindir Qatar yang dianggap mendapatkan keuntungan karena wasit.

"Perilaku buruk dengan membuat konten di media sosial berupa penghinaan dan mempertanyakan integritas hasil pertandingan, kompetisi, dan Qatar sebagai tuan rumah," tulis AFC.

Akibat pelanggaran ini Hubner dan Jenner didenda lima ribu dolar atau setara Rp81,7 juta, Sedangkan STY didenda lebih besar, yakni 7500 dolar atau setara Rp122,6 juta.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: