Sering Bermasalah, Bawaslu DKI Minta Proses Coklit di Apartemen Perlu Diawasi

Oleh: Lydia Fransisca
Selasa, 02 Juli 2024 | 12:45 WIB
KPU DKI Jakarta mulai melakukan coklit. (Foto/KPU DKI Jakarta).
KPU DKI Jakarta mulai melakukan coklit. (Foto/KPU DKI Jakarta).

BeritaNasional.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI Jakarta meminta Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) mengawasi proses pencocokan dan penelitian (coklit) di apartemen.

Koordinator Divisi Pencegahan dan Partisipasi Masyarakat Bawaslu DKI Jakarta Burhanuddin mengatakan, beberapa masalah coklit kerap terjadi di apartemen. Sayangnya, Burhanuddin tak menjelaskan masalah apa yang dimaksud.

"Saya kemarin berpesan kepada teman-teman untuk fokus melakukan pengawasan pemutakhiran data pemilih khususnya di apartemen-apartemen yang selama ini bermasalah," kata Burhanuddin di acara Penguatan Kapasitas Penyelesaian Sengketa Proses Tahapan Pemilihan tentang Sengketa Antarpeserta di Jakarta Selatan, Selasa (2/7/2024).

Burhanuddin pun mencontohkan apartemen yang bermasalah itu, yaitu Apartemen Bassura.

"Termasuk di Jakarta Timur apartemen Bassura. Kemudian di Jakarta Selatan cukup banyak, Jakarta Pusat juga cukup banyak, di Jakarta Barat juga cukup banyak," ujar Burhanuddin. 

"Di Pemilu 2024 kemarin sebenarnya ada beberapa yang bermasalah tetapi bisa kemudian kita lakukan mitigasi sehingga ada persoalan tapi bisa diselesaikan di hari H di Pemilu 2024 kemarin," tambahnya.

Sebagai informasi, proses coklit dilakukan selama satu bulan penuh sejak Senin (24/6/2024) hingga Rabu (24/7/2024) mendatang.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: