Hacker Bakal Bebaskan PDN Secara Gratis Besok, Hanya Tuntut Ucapan Terima Kasih dan Donasi

Oleh: Imantoko Kurniadi
Selasa, 02 Juli 2024 | 12:35 WIB
Rapat kerja komisi I dengan Menkominfo dan BSSN bahas data yang diretas. (BeritaNasional/Elvis Sendouw)
Rapat kerja komisi I dengan Menkominfo dan BSSN bahas data yang diretas. (BeritaNasional/Elvis Sendouw)

BeritaNasional.com - Kelompok peretas yang dikenal sebagai Brain Chiper, yang diduga bertanggung jawab atas peretasan Pusat Data Nasional, bikin geger jagat maya melalui pengumumannya.

Dikutip dari akun @stealthmole_int di platform X, menyamatkan pesan yang tertuju kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, dengan menekankan bakal memberikan kunci untuk membuka akses enkripsi PDNS 2 pada Rabu, 3 Juli 2024.

"Rabu ini, kami akan memberi Anda kunci secara gratis. Kami berharap serangan kami membuat Anda sadar betapa pentingnya membiayai industri dan merekrut spesialis yang berkualitas. Serangan kami tidak membawa konteks politik apa pun, hanya uji penetrasi dengan pembayaran setelahnya," tulis kelompok peretas tersebut, Selasa (2/7/2024).

"Warga Indonesia, kami mohon maaf karena telah mempengaruhi semua orang," tulisnya lebih lanjut.

Menariknya, Brain Chiper meminta ucapan terima kasih secara publik ke pemerintah Indonesia, dan memberikan dompet kripto matau uang digital monero untuk "donasi" setelah ada tuntutan untuk menebus data PDN yang tersandra, sebesar Rp 131 miliar.

"Jika perwakilan pemerintah menganggapnya salah untuk mengucapkan terima kasih kepada hacker, Anda dapat melakukannya secara pribadi di kantor pos," tulisnya.

"Kami meninggalkan dompet monero untuk donasi, kami berharap bahwa pada hari Rabu kami akan mendapatkan sesuatu. Dan kami ulangi lagi: kami akan memberikan kunci sepenuhnya gratis dan atas inisiatif kami sendiri," tandasnya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: