Minta PKS Bersabar Soal Cawagub untuk Anies di Pilgub Jakarta, PKB: Duduk Bareng Dulu

Oleh: Ahda Bayhaqi
Rabu, 03 Juli 2024 | 10:01 WIB
Anies Baswedan bersama dengan Sohibul Iman. (Foto/pks.id).
Anies Baswedan bersama dengan Sohibul Iman. (Foto/pks.id).

BeritaNasional.com - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) meminta Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tidak terburu-buru dalam menetapkan pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Jakarta. Waketum PKB Jazilul Fawaid menilai PKS sudah mengunci dengan pasangan Anies Baswedan dan Sohibul Iman. Karena itu Jazilul meminta PKS bersabar.

"Kepada teman-teman PKS, bersabar dulu untuk kemudian duduk bareng-bareng gitu, bersama partai lain, supaya enggak ngunci dua partai," kata Jazilul kepada wartawan, dikutip Rabu (3/7/2024).

Jazilul memandang, sikap PKS merupakan respon terhadap DPW PKB yang mendeklarasikan mendukung Anies Baswedan sebagai calon gubernur Jakarta. Menurutnya, PKS memandang Anies seakan calon dari PKB.

"Ketika DPW PKB DKI mengusulkan Pak Anies Baswedan kemudian ditangkap oleh PKS, wakilnya PKS kira-kira begitu, dan seakan-akan pak disini adalah calon gubernur dari PKB gitu," katanya.

Namun, untuk saat ini Pilgub Jakarta masih sangat dinamis. Karena belum ada satu pun partai yang solid untuk mendorong calonnya. Termasuk PKB dan PKS juga belum duduk bersama.

"Setahu saya belum ada yang duduk bersama, termasuk PKB katakanlah dengan PKS, belum intensif untuk duduk bersama," kata Jazilul.

Sementara, koalisi di Pilgub Jakarta ini sering kali dikaitkan dengan koalisi di Pilpres 2024. Padahal, semuanya masih cair.

"Semuanya masih cair, dan kadang dikaitkan dengan koalisi di pilpres, ada KIM (Koalisi Indonesia Maju), ada (Koalisi) Perubahan," kata Jazilul.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: