Erick Thohir Sambut Positif Hasil Indonesia vs Vietnam U-16 di Piala AFF 2024

Oleh: Tarmizi Hamdi
Kamis, 04 Juli 2024 | 10:15 WIB
Skuad Timnas Indonesia U-16. (Foto/PSSI)
Skuad Timnas Indonesia U-16. (Foto/PSSI)

BeritaNasional.com -  Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-16 sukses mencukur habis Vietnam dengan skor telak 5-0 dalam perebutan tempat ketiga Piala AFF U-16 2024 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Rabu (3/7/2024) sore. 

Dengan demikian, Muhammad Zahaby Gholy dkk meraih peringkat ketiga di ajang tersebut

Ketua Umum PSSI Erick Thohir semringah menyambut kemenangan Garuda Muda yang mampu bangkit usai gagal melangkah ke babak final setelah dikalahkan Australia dalam partai semifinal dramatis, Senin lalu dengan skor 3-5.

"Saya bangga Tim Nasional U-16 menang lawan Vietnam dengan jumlah gol yang besar. Namun, kita jangan menjadi besar kepala. Justru kekalahan dari Australia kemarin harus jadi bagian dari introspeksi diri, baik dari pemain maupun pelatih. Apalagi kita masuk ke kejuaraan ini sebagai juara bertahan," ujar Erick Thohir.

Menteri BUMN tersebut menuturkan gelar tempat ketiga di AFF U-16 2024 dan kemenangan besar yang dicetak Timnas muda ini menjadi modal menuju pertandingan di bulan Oktober melawan Kuwait, Kepulauan Mariana Utara, dan Australia.

"Di laga-laga itu, kita harus membuktikan bahwa Timnas kita lebih baik dari hari ini. Bisa bangkit dari kekalahan, lalu cetak gol banyak, menunjukkan kita punya mental pemenang," jelasnya.

Diketahui, sejak menit awal pertandingan, Timnas Indonesia bermain menekan. Namun, gol bagi Indonesia baru tercipta di menit akhir babak pertama lewat Zahaby Gholy yang mencatatkan namanya di papan skor usai menerima terobosan Fandi Ahmad. Skor 1-0 keunggulan bagi Indonesia.

Indonesia berhasil menggandakan keunggulan beberapa menit berselang. Kali ini Dafa Zaidan melakukan sepakan dari luar kota penalti dan menggetarkan gawang Vietnam. Skor kini berubah menjadi 2-0 dan menutup babak pertama.

Di babak kedua, Vietnam mencoba keluar dari serangan untuk menciptakan gol balasan. Namun, serangan masih buntu dan tidak bisa menembus lini pertahanan Garuda Muda.

Pada menit ke-74 Indonesia lagi-lagi memperbesar keunggulan menjadi 3-0. Kali ini, Daniel Alfredo yang melakukan aksi individu dan kemudian menendang keras ke arah gawang Vietnam. Skor 3-0 bagi Indonesia.

Lima menit berselang, Indonesia kembali memperbesar keunggulan menjadi 4-0. Gholy mencatatkan namanya di papan skor untuk kedua kalinya bagi Indonesia usai menerima umpan dari Mierza Firjatullah/

Memasuki menit ke-82, Indonesia semakin memupuskan harapan Vietnam. Ya, anak asuh Nova Arianto ini mencetak gol kelima ke gawang Vietnam.

Daniel Alfredo mencetak brace alias gol kedua bagi Timnas Indonesia usai memanfaatkan peluang dari Mierza. Skor menjadi 5-0 bagi Indonesia.

Hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya babak kedua, skor tidak berubah dan Indonesia berhasil merebut peringkat ketiga Piala AFF U-16.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: