Kebun Binatang Australia akan Melarang Pengunjung Peluk Koala

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Rabu, 10 Juli 2024 | 06:00 WIB
Pengunjung memeluk koala (Foto/Matador)
Pengunjung memeluk koala (Foto/Matador)

BeritaNasional.com - Banyak pengunjung kebun binatang di Australia yang senang memeluk koala. Apalagi koala bentuknya cute, lucu, dan menggemaskan.

Kebun Binatang  Lone Pine telah menerima kunjungan dari berbagai selebritis, pejabat, hingga pemimpin negara.

Namun kini kebun binatang tersebut akan menjadi suaka koala pertama di dunia. Mereka memutuskan tidak akan memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk memeluk koala yang lucu lagi.

Pengelola Lone Pine mengatakan, hal itu diambil karena sesuai dengan harapan para pengunjung.

"Kami senang ada perubahan di antara tamu lokal dan internasional untuk merasakan pengalaman bersama satwa liar Australia dari dekat, tapi tidak harus bersifat pribadi, cukup menyaksikan apa yang paling mereka sukai makan, tidur, dan bersantai. Tidak perlu sampai memeluk koala," kata Manajer Lyndon Discombe.

Kelompok hak asasi hewan mengatakan, mereka berharap keputusan ini jadi acuan dan jadi harapan untuk dihapuskan acara memeluk koala di seluruh Australia.

Dikutip dari BBC, kelompok hak asasi hewan menemukan bahwa pengalaman semacam itu membuat koala stres. Sebab, koala adalah hewan soliter dan sebagian besar hewan nokturnal tidur sepanjang hari.

Koala sendiri dulu berkembang biak dengan baik. Namun koala kini mengalami penurunan populasi secara drastis akibat pembukaan lahan, kebakaran lahan, kekeringan, penyakit, dan ancaman lainnya.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: