Prediksi Susunan Pemain Belanda vs Inggris di Euro 2024, Ini Kata Pelatih

Oleh: Tarmizi Hamdi
Rabu, 10 Juli 2024 | 12:00 WIB
Timnas Belanda berhadapan dengan Inggris pada 2019. (Foto/UEFA.com)
Timnas Belanda berhadapan dengan Inggris pada 2019. (Foto/UEFA.com)

BeritaNasional.com - Semifinal Euro 2024 mempertemukan antara Belanda vs Inggris di Signal Iduna Park, Dortmund, Jerman, pada hari ini, Kamis (11/7) pukul 02.00 WIB dini hari.

Duel sengit ini akan menentukan siapa yang layak menuju partai final kompetisi sepak bola empat tahunan terbesar di Eropa itu.

Pertemuan ini menjadi laga kedua bagi Belanda dan Inggris dalam lima tahun. Kedua tim besar Eropa ini sebelumnya bertemu di semifinal dengan Belanda menang 3-1 setelah perpanjangan waktu dalam pertandingan Nations League pada 2019. 

Tidak mengherankan jika pertemuan yang sangat dinanti-nantikan ini berakhir imbang sekali lagi. Lima dari delapan pertandingan terakhir antara kedua tim berakhir imbang setelah 90 menit.

Pelatih Belanda Ronald Koeman menyatakan bertemu Inggris menjadi hal bersejarah bagi dirinya.

"Ini akan menjadi malam semifinal yang hebat antara dua negara besar, malam yang bersejarah," ungkapnya setelah Belanda mencapai semifinal Euro pertama sejak 2004 dengan mengalahkan Turki. 

Mantan pemain dan pelatih Barcelona tersebut mengatakan pertandingan ini tak akan disia-siakan seluruh pemain dan staf pelatih. Dengan begitu, kemenangan wajib didapat Virgil van Dijk dkk.

"Ini adalah sesuatu yang istimewa. Kami adalah negara kecil dan kami berada di semifinal bersama Inggris, Prancis, dan Spanyol. Kami sangat bangga. Kami harus menderita tetapi merupakan kesuksesan besar untuk mendapatkan kesempatan bermain di semifinal," tuturnya yang dikutip dari laman resmi UEFA pada Rabu (10/7).

Di sisi lain, Inggris berhasil mencapai babak ini untuk edisi kedua berturut-turut dalam turnamen tersebut. Gareth Southgate, pelatih Inggris, mengungkapkan bahwa anak asuhnya berada di bawah tekanan yang sangat besar sejak awal kompetisi ini bergulir. Tak banyak gol yang dihasilkan Inggris.

"Tujuan kami adalah bermain dengan bola, tetapi ada lawan yang mencoba menghentikan Anda. Tim kami berada di bawah tekanan yang sangat besar sejak awal,’’ tuturnya. 

Namun, kata Southgate, para pemainnya kini telah melaju hingga semifinal dan siap mengalahkan Belanda untuk mencapai final.

‘’Dalam tiga pertandingan terakhir, kami bermain melawan lima bek. Kami melaju ke semifinal ketiga dalam empat kali percobaan, tetapi kami tidak ingin berakhir di situ," tandasnya.

Prediksi Susunan Pemain

Belanda: Verbruggen; Dumfries, De Vrij, Van Dijk, Aké; Schouten, Simons, Reijnders; Malen, Depay, Gakpo

Inggris: Pickford; Walker, Stones, Guéhi; Saka, Mainoo, Rice, Shaw; Bellingham, Foden; Kane

Jalan Menuju Semifinal

Belanda

Grup D
2-1 vs Polandia (Gakpo 29, Weghorst 83; Buksa 16)
0-0 vs Prancis
2-3 vs Austria (Gakpo 47, Depay 75; Malen og 6, Schmid 59, Sabitzer 80)

Babak 16 besar
3-0 vs Rumania (Gakpo 20, Malen 83 90+3)

Perempat final
2-1 vs Turki (De Vrij 70, Mert Müldür dan 76; Samet Akaydin 35)

Inggris

Grup C
1-0 vs Serbia (Bellingham 13)
1-1 vs Denmark (Kane 18; Hjulmand 34)
0-0 vs Slovenia

Babak 16 besar
2-1 vs Slovakia (Bellingham 90+5, Kane 91; Schranz 25)

Perempat final
1-1 (5-3) vs Swiss (Saka 80; Embolo 75)sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: