Keren! Lamine Yamal Pecahkan Rekor sebagai Pencetak Gol Termuda dalam Sejarah Euro

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Rabu, 10 Juli 2024 | 07:25 WIB
Pemain Timnas Spanyol  Lamine Yamal. (Foto/uefa.com)
Pemain Timnas Spanyol Lamine Yamal. (Foto/uefa.com)

BeritaNasional.com - Lamine Yamal berhasil mencetak gol ke gawang Prancis di babak semifinal Euro 2024 di Allianz Arena, Munich, Rabu (10/7/2024) dini hari WIB. Dia pun tercatat sebagai pencetak gol termuda dalam sejarah Euro.

Saat bermain di partai semifinal, Yamal berusia 16 tahun 362 hari. Ia pun memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh Yamal memecahkan rekor Johan Vonlanthen dari Swiss.

Kala itu Johan Vonlanthen mencetak gol ke gawang Prancis ketika yang berusia 18 tahun 141 hari

Tak dipungkiri, dalam perhelatan Euro 2024, Lamine Yamal menjadi salah satu pemain muda yang menonjol. Meski masih berusia muda, ia bermain di babak semifinal dan menjadi andalan pelatih Spanyol Luis de La Fuente.

Kesempatan yang diberikan dijawab oleh Lamine Yamal. Dia mencetak gol indah ke gawang Prancis dan berhasil membuat Spanyol menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Dia melesatkan gol indah melalui tendangan dari luar kotak penalti meluncur deras ke sisi kanan dan tak mampu dibendung oleh kiper Prancis Mike Maignan. 

Kemudian gol yang diciptakan Lamine Yamal memicu pemain Spanyol untuk unggul dan meraih tiket final Euro 2024. 

Terbukti beberapa menit berselang, La Furia Roja berbalik unggul setelah Jules Kounde melakukan gol bunuh diri pada menit ke-25 setelah salah mengantisipasi tendangan Dani Olmo.

Hasil ini memastikan Spanyol berpeluang menjadi jawara Eropa alias Euro 2024 setelah melenggang ke babak Final. Namun, lawannya masih menunggu hasil pertandingan antara Inggris vs Belanda.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: