Wapres Ma'ruf Amin: Ingin Memperbaiki KPK Daftar Jadi Capim, Jangan Cuma Teriak

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Rabu, 10 Juli 2024 | 10:01 WIB
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. (Foto/Setkab)
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. (Foto/Setkab)

BeritaNasional.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengajak semua pihak yang ingin memperbaiki Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan mendaftar sebagai Calon Pimpinan KPK. Diketahui pendaftaran sebagai Capim KPK sudah dibuka tapi peminatnya terbilang masih sedikit.

Ia menilai bahwa banyak orang yang ingin melihat perbaikan dalam kinerja KPK, dan pendaftaran sebagai Capim dan Dewan Pengawas (Dewas) merupakan langkah konkret untuk ikut berkontribusi dalam memperkuat lembaga antikorupsi tersebut.

“Banyak orang yang ingin memperbaiki KPK, jangan hanya berteriak-teriak saja, ya daftar saja. Jadi jangan hanya usul, jangan hanya protes, sekarang daftar saja,” ujar Ma'ruf dikutip dari laman Wapres, Rabu (10/7/2024).

Ia pun berharap Capim dan Dewan tersebut dapat terlibat langsung dalam upaya memperkuat KPK sebagai lembaga antikorupsi yang kredibel dan efektif.

“Siapa tahu kepilih, dan dia bisa menjalankan apa yang selama ini diinginkan, supaya KPK itu bisa efektif dan bagus,” tuturnya.

Dengan tenggat waktu pendaftaran yang akan segera berakhir, Wapres kembali mengajak para tokoh yang memiliki profesionalisme dan integritas tinggi agar segera memanfaatkan peluang untuk menjadi Pimpinan KPK melalui Panitia Seleksi (Pansel).

“Jangan sampai dia justru daftar tidak mau, hanya berteriak-teriak saja. Padahal Pansel membuka kesempatan untuk mereka,” pungkasnya.

 sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: