NATO Tak akan Membiarkan Rusia Menang Perang dari Ukraina

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Rabu, 10 Juli 2024 | 15:00 WIB
KTT NATO sudah dimulai (Foto/Videvo)
KTT NATO sudah dimulai (Foto/Videvo)

BeritaNasional.com - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Pakta Pertahanan Atlantik Utara, alias NATO sudah mulai sejak Selasa (9/7/2024) di Washington DC, AS.

Para anggota NATO pun sudah mulai berdatangan sejak Senin. Pertemuan puncak NATO sendiri akan berlangsung hari Rabu dan Kamis.

Dalam pertemuan NATO, Sekretaris Jenderal Aliansi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) Jens Stoltenberg mengatakan, NATO tidak akan membiarkan Rusia memenangkan perang melawan Ukraina.

"Jika Rusia menang melawan Ukraina, maka Rusia bisa menjadi ancaman terbesar bagi NATO. Biaya terbesar dan risiko terbesar adalah jika Rusia menang di Ukraina. Kita tidak boleh membiarkan hal itu terjadi," kata Stoltenberg.

"Perang Ukraina merupakan krisis keamanan terbesar saat ini," ujar Stoltenberg.

Dikutip dari Antara, Stoltenberg mengatakan, bahaya jika Rusia menang akan membuat para musuh NATO semakin berani. Iran, Korut, China akan semakin berani terhadap NATO.

Namun Stoltenberg juga mengatakan, dukungan NATO untuk Ukraina tidak bisa dipastikan sebab biayanya mahal dan risikonya sangat tinggi.

"Namun Ukraina punya keberanian yang luar biasa. Sekutu NATO telah memberikan dukungan yang belum pernah terjadi sebelumnya," ujar dia.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: