Presiden Korsel: Perdagangan Senjata Korut-Rusia Jadi Ancaman Global

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Rabu, 10 Juli 2024 | 12:38 WIB
Presiden Korsel Yoon Suk Yeol (Foto/Britannica)
Presiden Korsel Yoon Suk Yeol (Foto/Britannica)

BeritaNasional.com - Presiden Korea Selatan (Korsel) Yoon Suk Yeol mengatakan, perdagangan senjata Korea Utara (Korut) dengan Rusia merupakan ancaman bagi perdamaian global. Mereka juga jadi ancaman negara-negara demokrasi liberal.

“Korea Utara mengancam perdamaian tidak hanya di semenanjung Korea tetapi juga secara global dengan terlibat dalam perdagangan senjata ilegal dengan Rusia,” kata Yoon.

Yoon sendiri sempat singgah di Hawai dalam perjalanannya ke Washington DC untuk menghadiri pertemuan puncak NATO. Yoon mewakili salah satu dari empat mitra Asia-Pasifik.

"Kekhawatiran terhadap pembangunan militer Korea Utara semakin mendalam setelah Korut menandatangani perjanjian dengan Rusia bulan lalu yang mencakup perjanjian pertahanan bersama," terang Yoon.

“Untuk melindungi kebebasan dan demokrasi serta kemakmuran ekonomi kita dari unsur-unsur yang berbahaya ini, maka solidaritas antar negara yang memiliki nilai-nilai dan kekuatan yang sama sangatlah penting,” tambah Yoon.

Dikutip dari Reuters, Yoon telah memperingatkan Rusia atas menguatnya hubungan militer Rusia dengan Korea Utara. 

Seoul dan Washington mengatakan, Korea Utara telah memasok artileri dan rudal balistik ke Rusia untuk digunakan di Ukraina, namun hal ini dibantah oleh Moskow dan Pyongyang.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: