Joe Biden Tegaskan Tambah Pertahanan Udara Ukraina di KTT NATO

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Rabu, 10 Juli 2024 | 13:16 WIB
Joe Biden dalam sebuah kesempatan (Foto/Newsx)
Joe Biden dalam sebuah kesempatan (Foto/Newsx)

BeritaNasional.com - KTT NATO sudah dimulai, sejumlah negara mengirimkan para delegasinya ke KTT NATO yang berlangsung di Washington DC, AS.

Dalam pertemuan NATO tingkat tinggi itu, Presiden AS Joe Biden mengatakan, perlunya AS dalam mendukung aliansi tersebut. Dalam kesempatan itu, Biden juga menjanjikan lebih banyak sistem pertahanan udara untuk Ukraina.

Biden mengatakan, Ukraina bisa dan akan menang dalam mempertahankan diri melawan Rusia dengan dukungan kolektif NATO.

Ia juga menekankan pentingnya kerja sama pertahanan trans-Atlantik melalui NATO dalam sebuah pertemuan para pemimpin aliansi militer di Washington yang memperingati ulang tahun ke-75 aliansi tersebut.

"Mayoritas rakyat Amerika memahami bahwa NATO membuat kita semua lebih aman,” ujar Biden.

Dalam upacara pembukaan KTT NATO di Auditorium Mellon, tempat Perjanjian Atlantik Utara ditandatangani pada tahun 1949, Biden mengatakan, dunia sedang menghadapi momen penting bagi keamanan Eropa dan trans-Atlantik.

Dikutip dari DW, Presiden AS mendesak sekutu NATO untuk mempertahankan dukungan bagi Ukraina, dan menambahkan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin ingin menghapus Ukraina dari peta.

"Kami tahu Putin tidak akan berhenti di Ukraina. Oleh karena itu, Ukraina dapat mengalahkan Putin dengan dukungan penuh dan kolektif dari sekutu NATO," ujarnya.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: