Sejumlah RS Gelap di Filipina Tawarkan Operasi Plastik bagi Buronan

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Kamis, 11 Juli 2024 | 05:00 WIB
Ilustrasi operasi plastik (Foto/Oddity Central)
Ilustrasi operasi plastik (Foto/Oddity Central)

BeritaNasional.com - Ternyata ada sisi gelap dunia medis. Sejumlah rumah sakit (RS) gelap alias rahasia di Filipina disebut menawarkan layanan operasi plastik bagi para buronan dan penjahat kelas kakap. 

Sejumlah rumah sakit gelap itu menawarkan operasi plastik bagi para buronan dan orang-orang yang bekerja dalam jaringan penipuan. Tujuan operasi plastik ini untuk menghindari penangkapan dari kepolisian maupun pihak berwenang.

Dikutip dari BBC, sejumlah rumah sakit tersembunyi dan ilegal itu di antaranya berada di pinggiran selatan Manila. Sejumlah RS gelap itu akan ditutup.

Terdapat berbagai peralatan medis yang ditemukan dan disita antara lain alat implan gigi, alat transplantasi rambut, serta infus pemutih kulit. Semua barang itu disita dari RS Pasay City.

"Lewat operasi plastik, maka seorang buronan bisa jadi orang yang benar-benar baru," kata Juru Bicara Komisi Anti-Kejahatan Terorganisir Kepresidenan (PAOCC) Winston John Casio. 

Klien-klien rumah sakit tersebut biasanya memang buronan dan penjahat. 

"Rumah sakit gelap ini tidak meminta KTP, sehingga pasiennya bisa saja seorang buronan, penjahat, maupun orang asing ilegal di Filipina," kata Casio.

Pihak berwenang Filipina menjelaskan, beberapa RS rahasia di Filipina menawarkan layanan operasi plastik kepada para buronan dan orang-orang yang bekerja dalam jaringan penipuan. Tujuannya menghindari penangkapan kepolisian dan pihak berwenang.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: