PDIP Bakal Usung Airin Rachmi Diany di Pilgub Banten

Oleh: Ahda Bayhaqi
Kamis, 11 Juli 2024 | 15:00 WIB
PDIP bakal usung Airin di Pilkada Banten (Beritanasional/Panji)
PDIP bakal usung Airin di Pilkada Banten (Beritanasional/Panji)

BeritaNasional.com - PDI Perjuangan akan mendukung Airin Rachmi Diany sebagai calon gubernur Banten di Pilkada 2024. Airin bakal dipasangkan dengan kader partai berlambang banteng.

"Kan sudah (dukung Airin di Banten)," ujar Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (11/7/2024).

PDIP mengajukan nama Ketua DPD Banten Ade Sumardi sebagai calon wakil gubernur Banten. Djarot mengatakan, Ade sudah resmi dipasangkan dengan Airin.

"Kalau untuk Banten kalau enggak salah pak Ade ketua DPD Banten," kata Djarot.

PDIP tidak takut menghadapi duet Andra Soni dan Achmad Dimyati Natakusumah yang dimotori oleh Partai Gerindra.

"Biarin aja tadi lho gajah sama semut menang mana? Gitu aja kok repot," kata Djarot.

Sebelumnya, Partai Gerindra resmi mengusung Andra Soni-Dimyati Natakusumah di Pilgub Banten. Wakil Ketua Umum Gerindra Habiburokhman mengungkap alasan tidak berkoalisi dengan Partai Golkar di Banten.

Habiburokhman mengungkap, Golkar enggan memasangkan jagoannya, Airin Rachmi Diany sebagai calon gubernur dengan Ketua DPD Gerindra Andra Soni sebagai calon wakil gubernur.

"Kita sudah mendapatkan info bahwa tidak berkenan kan, Pak Andra Soni jadi wagub di sana, begitu. Pihak sana enggak berkenan," ungkapnya di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (4/7/2024).

Habiburokhman menjamin pisah koalisi dengan Golkar di Pilgub Banten tidak merusak hubungan dengan Golkar. Meski ada rencana Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang ada Gerindra dan Golkar di dalamnya, berkomitmen bakal bekerjasama di seluruh pulau Jawa saat Pilkada.

"Ya kan saya bilang, yang penting kita saling menghormati berkompetisi secara sehat," katanya.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: