BMKG Minta Masyarakat Waspadai Suhu 34 Derajat Celcius

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Jumat, 12 Juli 2024 | 15:54 WIB
BMKG minta masyarakat waspadai suhu panas (Foto/JF Maion)
BMKG minta masyarakat waspadai suhu panas (Foto/JF Maion)

BeritaNasional.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) minta masyarakat untuk mewaspadau suhu 34 derajat Celcius. Masyarakat yang diminta waspada merupakan yang tinggi di berbagai kota besar seperti Banda Aceh, Provinsi Aceh, Sentani, Provinsi Papua.

Hasil analisa tim ahli meteorologi BMKG menjelaskan, terpaan suhu terpanas tertinggi melanda wilayah Banda Aceh, Aceh, dan Semarang, Jawa Tengah, yang mencapai  34,5 derajat Celcius.

Ketua Tim Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca Fenomena Khusus BMKG Miming di Jakarta mengatakan, suhu panas maksimum lebih dari 34,1 derajat Celcius juga terdeteksi menerpa wilayah Sentani, Jayapura, Papua, yang sudah berlangsung sejak 24 jam terakhir.

Tim meteorologi BMKG pada saat yang sama juga menganalisa suhu panas maksimum mencapai 34,0 - 33,0 derajat Celcius melanda sebagian besar wilayah mulai di Riau (Pekanbaru, Indragiri Hulu), Kepulauan Riau (Natuna), Aceh (Sabang), Sulawesi Selatan (Makassar), Lampung (Pelabuhan Panjang), Nusa Tenggara Timur (Maumere, Sikka), Nusa Tenggara Barat (Sumbawa), Jawa Timur (Surabaya), DKI Jakarta (Kemayoran, Jakarta Pusat).

Dikutip dari Antara, penyebab suhu panas menyengat itu yakni gerak semu matahari dengan jarak terdekat di ekuator sebagaimana dilaporkan sebelumnya oleh tim meteorologi BMKG.

Fenomena ini sekaligus menandakan musim kemarau mulai melanda Indonesia dan diprakirakan puncaknya berlangsung pada Juli-September 2024.

Untuk mengatasi suhu panas dan tetap sehat, BMKG meminta masyarakat banyak konsumsi air putih agar tak mengalami dehidrasi. Selain itu jika melakukan kegiatan di luar memakai pelindung seperti payung dan topi.

Tak lupa, sebaiknya masyarakat juga memakau tabir surya guna melindungi kulit dari paparan sinar Ultra Violet (UV).sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: