PM Hongaria Lebih Pilih Kunjungi Trump daripada Joe Biden, Kenapa?

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Jumat, 12 Juli 2024 | 17:00 WIB
PM Hongaria kunjungi Trump (Foto/X/Viktor Orban)
PM Hongaria kunjungi Trump (Foto/X/Viktor Orban)

BeritaNasional.com - Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban menemui calon presiden AS dari Partai Republik Donald Trump. Orban melakukan pertemuan ini sebagai bagian dari upayanya untuk mengajak Trump menyelesaikan konflik di Ukraina.

Orban sendiri telah berulang kali mengkritik pendekatan Barat terhadap konflik di negara-negara lain. Orban juga terus menyerukan gencatan senjata agar dilakukan segera.

Orban sudah melakukan perjalanan ke Rusia, Ukraina, dan Tiongkok pekan lalu untuk membahas prospek penyelesaian damai dalam perang Ukraina-Rusia.

Dia juga sempat menghadiri KTT NATO di Washington, DC AS. Namun Orban tidak mengadakan pembicaraan tingkat tinggi dengan Presiden AS Joe Biden.

Menulis di laman X, Orban mengatakan, dia mengunjungi kediaman Trump di Mar-a-Lago di Florida, AS. Ia menyebutnya sebagai misi perdamaian 5.0.

“Kami mendiskusikan cara-cara untuk menciptakan perdamaian. Kabar baik hari ini, Trump akan menyelesaikannya!,” kata Orban sambil mengunggah foto keduanya yang sedang tersenyum.

Dikutip dari RT, Trump sendiri menanggapi Orban dengan menulis di jaringan Truth Social, “Terima kasih Viktor Orban. Harus ada PERDAMAIAN, dan secepatnya. Terlalu banyak orang tewas dalam perang yang seharusnya tidak pernah dimulai!”

Orban sebelumnya memuji Trump sebagai orang yang cinta damai. AS di bawah kepemimpinannya tidak pernah memulai satu perang pun.

Trump sendiri dapat mencapai kesepakatan di mana NATO berkomitmen untuk tidak melakukan ekspansi lebih jauh ke arah timur, khususnya ke Ukraina dan Georgia sambil mengadakan pembicaraan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin sehubungan dengan hal tersebut.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: