Man Utd Rekrut Bomber Belanda Zirkzee dari Bologna

Oleh: Tarmizi Hamdi
Senin, 15 Juli 2024 | 02:02 WIB
Rekrutan anyar Man United, Joshua Zirkzee. (Foto/Premier League)
Rekrutan anyar Man United, Joshua Zirkzee. (Foto/Premier League)

BeritaNasional.com - Manchester United (Man United) telah mengonfirmasi perekrutan Joshua Zirkzee dari Bologna.

Penyerang berusia 23 tahun ini telah menyetujui kontrak berdurasi lima tahun dengan opsi perpanjangan 12 bulan lagi dan menjadi rekrutan pertama klub pada bursa transfer musim panas.

"Saya adalah pemain yang selalu mendedikasikan segalanya untuk menang. Saya siap untuk tantangan berikutnya, untuk naik ke level lain dalam karier saya dan memenangkan lebih banyak trofi," kata Zirkzee yang dikutip dari laman resmi Man United pada Minggu (14/7/2024).

Pemain berkebangsaan Belanda tersebut Man United adalah klub istimewa nan ikonik. Dia tak sabar ingin berkontribusi bagi tim berjuluk Setan Merah tersebut. 

"Merupakan suatu keistimewaan untuk bergabung dengan klub yang ikonik. Saya harus beristirahat sejenak setelah bersama tim nasional, tetapi saya akan segera kembali dan siap untuk segera memberikan dampak," tuturnya.

Siapa Zirkzee?

Zirkzee lahir pada 22 Mei 2001 di Schiedam, Belanda, dan bergabung dengan tim muda Bayern Munchen dari Feyenoord pada 2017.

Setelah dua tahun, Zirkzee diberi kesempatan bermain perdana di tim utama oleh Hansi Flick pada 18 Desember dan menandainya dengan sempurna lewat golnya dalam kemenangan liga 3-1 melawan Freiburg. 

Hebatnya, golnya tercipta pada menit kedua perpanjangan waktu babak kedua saat skor masih imbang.

Pemain asal Belanda itu kemudian tampil 16 kali di semua kompetisi untuk Bayern, mencetak tiga gol lagi. Ia memenangkan dua gelar Bundesliga, Liga Champions UEFA, Piala Super UEFA, DFB-Pokal, dan dua Piala Super DFL.

Zirkzee menghabiskan waktu dengan status pinjaman di klub Serie A Parma untuk paruh kedua musim 2020/2021 sebelum masa pinjaman yang mengesankan pada musim berikutnya di bawah asuhan Vincent Kompany di Anderlecht dalam Liga Pro Belgia.

Ia mencetak 18 gol dan memberikan 13 assist dalam 47 pertandingan. Setelah kembali dari Belgia, Zirzkee kemudian dijual ke Bologna pada 2022.

Setelah musim pertama yang lambat di Serie A, Zirkzee tampil gemilang pada musim 2023/2024, mencetak 11 gol dan lima kali membantu Bologna lolos ke Liga Champions untuk pertama kalinya dalam sejarah klub.

Performa tersebut membuat Zirkzee mendapat tempat di skuad Belanda untuk Euro 2024 karena ia tampil perdana dalam kemenangan Belanda 2-1 di perempat final melawan Turki sebelum tampil sebentar dalam kekalahan mereka di semifinal melawan Inggris.

Man Utd memulai pramusim mereka melawan Rosenborg di Norwegia pada hari Senin.

Setan Merah kemudian memulai musim Liga Primer mereka pada Jumat, 16 Agustus di Old Trafford melawan Fulham.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: