3 Insan KPK Daftarkan Diri sebagai Capim, 2 di Antaranya Wakil Ketua

Oleh: Panji Septo R
Selasa, 16 Juli 2024 | 07:45 WIB
Para pimpinan KPK saat rapat bersama DPR. (BeritaNasional/Elvis Sendouw)
Para pimpinan KPK saat rapat bersama DPR. (BeritaNasional/Elvis Sendouw)

BeritaNasional.com - Tiga insan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendaftarkan diri sebagai pimpinan lembaga antirasuah periode 2024-2029.

Mereka adalah Wakil Ketua KPK Johanis Tanak dan Nurul Ghufron. Selain itu, ada pula Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan.

Menurut Tanak, pendaftarannya ke lembaga antirasuah didasari dorongan dari pimpinan KPK yang saat ini menjabat.

“Teman-teman pimpinan KPK menghendaki saya ikut seleksi capim karena baru sekali ikut dan ada dukungan," ujar Tanak pada Senin (15/7/2024).

Ia mengaku dokumen yang dipersiapkan guna mengikuti seleksi calon KPK sudah lengkap. Namun, saat ini, dirinya merapikan dokumen-dokumen tersebut.

"Dokumen sudah lengkap, tinggal merapikan saja," tuturnya.

Di sisi lain, Ghufron mengaku sudah mendaftarkan diri sebagai capim KPK. Dia berharap sosok yang terpilih sebagai pimpinan lembaga antirasuah adalah orang yang terbaik.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, saya mendaftarkan diri untuk menjadi capim KPK untuk periode 2024-2029," kata Ghufron.

Dia menilai peran pimpinan sangat penting dalam pemberantasan korupsi. Menurut dia, makin banyak yang mendaftar sebagai capim makin baik bagi KPK.

"Korupsi tak akan habis tanpa turun gelanggang melakukan pemberantasan salah satunya dengan menjadi pimpinan KPK,” ucapnya.

Sebelumnya, Pahala sudah lebih dahulu mengabarkan bakal ikut seleksi capim KPK. Hal itu diucapkan dalam diskusi bertajuk 'Daftar Capim KPK, Kuatkan Harapan Bangsa'.

"Saya barusan juga komunikasi sama teman-teman Humas. Bahwa ini saya daftar, Mbak, ini saya daftar buat pimpinan, nih," ujar Pahala.

Karena itu, dia mengajak orang-orang yang memenuhi syarat sebagai capim KPK untuk ikut mendaftarkan diri.

“Yang di atas 50 tahun, daftar segera. Daftar saja, gitu kan. Urusan hasil, itu cerita yang lain," kata Pahala.

Panitia seleksi calon pimpinan KPK mengatakan sebanyak 844 orang mendaftarkan diri sebagai pimpinan lembaga antirasuah.

Menurut Wakil Ketua Pansel Arif Satria, hanya ada 468 orang yang menyertakan dokumen per Senin,  15 Juli 2024 pada pukul 20.15 WIB.

“Jumlah registrasi akun 844 orang, yang telah melakukan pendaftaran dengan menyertakan dokumen 468 orang,” ujar Arif.

Arif mengatakan jumlah pendaftar calon pimpinan KPK 280 laki-laki 261 dan 19 perempuan. Sedangkan calon dewan pengawas KPK 188 dengan komposisi 167 orang laki-laki dan 21 perempuan.

“Yang mendaftar antara lain dari ASN, akademisi, aparat penegak hukum, swasta, dan praktisi,” tuturnya.

Ia mengatakan pendaftaran ditutup pada 23.59 WIB. Menurutnya, pansel tidak akan memberi perpanjangan waktu jika ada yang mendaftar lebih dari waktu yang sudah ditentukan.

“Pendaftaran akan ditutup pukul 23 59 WB demikian update dari kami,” katanya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: