Apa Itu Matsama? MPLS ala Madrasah

Oleh: Tarmizi Hamdi
Selasa, 16 Juli 2024 | 15:00 WIB
Siswa baru mengikuti MPLS. (BeritaNasional/Oke Atmaja)
Siswa baru mengikuti MPLS. (BeritaNasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Masa Taaruf Siswa Madrasah (Matsama) 2024 sama halnya dengan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS), yaitu masa orientasi atau kegiatan pertama masuk sekolah untuk pengenalan  program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, serta pembinaan awal budaya kekhasan madrasah.

Namun, Matsama dilaksanakan mulai dari tingkat Raudatul Athfal (RA), Madrasah  Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah (MA). Sementara itu, MPLS dilaksanakan di lingkungan SD, SMP, SMA/SMK.

Matsama termasuk kegiatan transisi agar siswa benar-benar secara mental siap mengikuti pembelajaran di lingkungan belajar yang baru. 

Karena itu, madrasah perlu mengisi kegiatan pengenalan yang bersifat edukatif, kreatif dan menyenangkan bagi semua siswa termasuk siswa berkebutuhan khusus.

Melalui kegiatan ini, para siswa baru madrasah akan dikenalkan lingkungan madrasah, kebiasaan dan budaya  madrasah, tata tertib, sistem pembelajaran termasuk mengenalkan guru dan tenaga kependidikannya, keunikan  dan keunggulan madrasah.

Kegiatan Matsama ini juga digunakan untuk mengenalkan sejak dini beberapa prinsip yang menjadi pegangan tata kehidupan warga  madrasah  agar  tercipta  iklim  akademik  yang  kondusif  sarat  dengan  nilai akhlakul karimah.

Juknis Matsama 2024 dirilis Direktorat KSKK Madrasah Dirjen Pendis Kemenag. Petunjuk Teknis Pelaksanaan Matsama disampaikan dengan surat pengantar bernomor B- 740.1/DJ.I/Dt.I.I/HM.01/07/2024.

Dalam Juknis Matsama 2024, diatur terkait dengan kisi-kisi materi. Materi Matsama 2024 dikelompokkan dalam lima bagian, yaitu kemadrasahan, nilai-nilai madrasah, madrasah-ku surgaku, moderasi beragama, dan budaya dan kebiasaan kehidupan di madrasah.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: