Bertemu AHY, Ketua MPR Sampaikan Usulan Dana Bantuan Partai Politik Naik Rp10 Ribu Per Suara

Oleh: Ahda Bayhaqi
Selasa, 16 Juli 2024 | 18:37 WIB
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. (Foto/Ahda Bayhaqi)
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. (Foto/Ahda Bayhaqi)

BeritaNasional.com - Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, mengusulkan dana bantuan partai politik dinaikkan. Usulan itu muncul saat pertemuan pimpinan MPR dengan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono.

Bamsoet mengatakan, besaran dana bantuan partai politik yang hanya Rp 1.000 per suara, tidak ideal.

"Saya kira, selain itu juga biaya partai politik harus dipikirkan kembali. Tidak hanya seribu rupiah per suara," kata Bamsoet di Kantor DPP Demokrat, Jakarta, Selasa (16/7/2024).

Bamsoet mengutip kajian KPK bahwa idealnya partai memberikan bantuan dana partai politik paling sedikit Rp10 ribu per suara agar bisa mengurangi masalah korupsi.

"Karena berdasarkan kajian KPK, idealnya negara membiayai partai politik itu supaya berkurang masalah-masalah yang terjadi, korupsi dan lain-lain, adalah 10 ribu," kata politikus Golkar ini.

Sayangnya, negara memang belum bisa meningkatkan pembiayaan partai politik lebih besar. Karena itu, sampai hari ini belum ada rencana meningkatkan besaran dana bantuan partai politik.

"Tapi faktanya memang negara belum mampu memberikan pembiayaan kepada partai politik sebesar 10 ribu, jadi baru seribu rupiah," kata Bamsoet.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: