Survei Pilgub Jabar Litbang Kompas: Elektabilitas Ridwan Kamil Tak Tertandingi

Oleh: Ahda Bayhaqi
Rabu, 17 Juli 2024 | 10:02 WIB
Politisi Partai Golkar dan Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (BeritaNasional/Panji Septo).
Politisi Partai Golkar dan Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (BeritaNasional/Panji Septo).

BeritaNasional.com - Litbang Kompas merilis hasil survei Pilgub Jawa Barat pada Rabu (17/7/2024). Elektabilitas mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tidak tertandingi calon lain.

Elektabilitas Ridwan Kamil mencapai angka 36,6 persen. Tidak ada tokoh lain yang elektabilitasnya mendekat Ridwan Kamil sebagai calon gubernur.

Di urutan kedua ada nama politikus Partai Gerindra Dedi Mulyadi dengan elektabilitas sebesar 12,2 persen.

Tokoh selain Ridwan Kamil dan Dedi Mulyadi, hanya memiliki elektabilitas di sekitaran angka 1 persenan.

Misalnya, muncul nama Bima Arya yang digadang-gadang PAN maju sebagai calon gubernur Jabar. Bima hanya memiliki elektabilitas sebesar 1,6 persen. Diikuti oleh Atalia Praratya dengan elektabilitas sama 1,6 persen.

Selanjutnya, ada nama Presiden PKS Ahmad Syaikhu dengan elektabilitas 1 persen. Disusul oleh Desy Ratnasari 0,8 persen, Deddy Mizwar 0,8 persen, Alfiansyah Komeng 0,8 persen, dan tokoh-tokoh lainnya 3,6 persen.

Sementara itu masih besar pemilih yang belum menentukan pilihan calon gubernur Jawa Barat. Yaitu mencapai angka 41 persen.

Litbang Kompas menggelar survei dengan wawancara tatap muka pada 15-20 Juni 2024. Ada 500 responden dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di Provinsi Jawa Barat.

Survei memiliki margin of error penelitian kurang lebih 4,38 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: