Gibran Harap Peparnas XVII Bawa Dampak Positif ke Perekonomian Solo

Oleh: Lydia Fransisca
Kamis, 18 Juli 2024 | 17:41 WIB
Menpora RI Dito Ariotedjo melaunching logo dan maskot Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVII Tahun 2024 di Balai Kota Solo, Jawa Tengah. (BeritaNasional/bagus/kemenpora.go.id)
Menpora RI Dito Ariotedjo melaunching logo dan maskot Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVII Tahun 2024 di Balai Kota Solo, Jawa Tengah. (BeritaNasional/bagus/kemenpora.go.id)

BeritaNasional.com - Wakil Presiden (Wapres) terpilih Gibran Rakabuming Raka berharap, gelaran Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVII 2024 dapat memberikan dampak positif terhadap masyarakat di Solo, Jawa Tengah.

Gibran mengatakan, ajang ini bisa menjadi tempat bagi pelaku UMKM lokal untuk memasarkan produknya.

“Harapannya pelaksanaannya bisa sukses dan membawa dampak ekonomi yang baik,” kata Gibran saat menghadiri peluncuran logo dan maskot Peparnas 2024 di Balai Kota Solo, Jawa Tengah, Kamis (18/7/2024).

Lebih lanjut, Gibran merasa optimis penyelenggaraan Peparnas tahun ini bisa sukses. Sebab, tambah Gibran, Solo sebagai tuan rumah memiliki sarana dan prasarana yang lengkap.

“Venue olahraga di Solo ini sangat lengkap dan ramah disabilitas. Saya mohon warga Solo bisa ikut meramaikan acara ini karena melibatkan lebih dari lima ribu peserta. Mudah-mudahan hotel ramai, penerbangan ramai, dan UMKM bisa ikut terlibat,” ujar Gibran.

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo meluncurkan logo dan maskot Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVII Tahun 2024 di Balai Kota Solo, Jawa Tengah, Kamis (18/7/2024).

Dito mengatakan, Peparnas menjadi ajang untuk melihat besarnya potensi atlet penyandang disabilitas.

“Peparnas bukan hanya sebagai ajang olahraga saja tetapi juga merupakan simbol semangat, kerja keras, dan tekad dari para atlet disabilitas Tanah Air. Mereka menginspirasi kita semua, menunjukkan bahwa keterbatasan fisik bukan penghalang untuk berprestasi,” ujar Menpora Dito.

Logo Peparnas 2024 terdiri dari dua simbol, yaitu burung perkutut dan keris Jawa. Burung perkutut melambangkan damai, mapan, dan bahagia. Sedangkan keris Jawa melambangkan keberanian, pahlawan, dan keperkasaan.

Sementara, maskot Peparnas terinspirasi dari kebo bule, yang merupakan hewan istimewa dalam tradisi di Keraton Surakarta Hadiningrat.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: