Ditemani Gibran, Menpora Luncurkan Logo dan Maskot Peparnas XVII 2024

Oleh: Lydia Fransisca
Kamis, 18 Juli 2024 | 18:02 WIB
Menpora Dito Ariotedjo meluncurkan logo dan maskot Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVII Tahun 2024. (Foto/Kemenpora).
Menpora Dito Ariotedjo meluncurkan logo dan maskot Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVII Tahun 2024. (Foto/Kemenpora).

BeritaNasional.com - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora) Dito Ariotedjo meluncurkan logo dan maskot Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVII Tahun 2024 di Balai Kota Solo, Jawa Tengah, Kamis (18/7/2024). 

Dito mengatakan, Peparnas menjadi ajang untuk melihat besarnya potensi atlet penyandang disabilitas. 

“Peparnas bukan hanya sebagai ajang olahraga saja tetapi juga merupakan simbol semangat, kerja keras, dan tekad dari para atlet disabilitas Tanah Air. Mereka menginspirasi kita semua, menunjukkan bahwa keterbatasan fisik bukan penghalang untuk berprestasi,” ujar Menpora Dito. 

Logo Peparnas 2024 terdiri dua simbol burung perkutut dan keris jawa. Burung perkutut melambangkan damai, mapan, dan bahagia. Sedangkan keris jawa lambang berani, pahlawan, dan perkasa. 

Sementara, maskot Peparnas terinspirasi dari kebo bule, yang merupakan hewan istimewa dalam tradisi di Keraton Surakarta Hadiningrat.

Dito berujar, peluncuran logo dan maskot Peparnas menjadi langkah penting untuk menuju perhelatan akbar ini. Diharapkan, logo dan maskot baru tersebut bisa membangkitkan semangat untuk para atlet yang bertanding.

“Mari kita dukung mereka (para atlet) dengan penuh antusiasme dan semangat kebersamaan. Terima kasih kepada panitia, para atlet, dan semua pihak yang terlibat dalam persiapan Peparnas,” ujar Dito.

Di kesempatan yang sama, Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka juga memberikan komentarnya terhadap logo dan maskot yang baru itu. Menurutnya, maskot ini menonjolkan kebudayaan yang ada di Solo. 

“Kita ingin menonjolkan budaya-budaya yang ada di Solo agar lebih dikenal lagi,” kata Gibran. 

Lebih lanjut, Gibran merasa optimis penyelenggaraan Peparnas tahun ini bisa sukses. Menurutnya, Solo sebagai tuan rumah memiliki sarana dan prasarana yang lengkap. 

“Venue olahraga di Solo ini sangat lengkap dan ramah disabilitas. Saya mohon warga Solo bisa ikut meramaikan event ini karena melibatkan lebih dari lima ribu peserta. Mudah-mudahan hotel ramai, penerbangan ramai, dan UMKM bisa ikut terlibat,” jelas Gibran.

 sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: